Bank Syariah
196 views

Unit Layanan Syariah Sumbang DPK BCA Syariah 20%

by on 31/07/2017
 

BCA Syariah akan menghadirkan Flazz BCA Syariah.

Unit layanan syariah yang berada di kantor cabang konvensional yang menjadi induk dari bank syariah memberikan suatu berkah tersendiri bagi industri perbankan syariah. Unit layanan syariah BCA pun memberikan kontribusi yang cukup besar bagi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) BCA Syariah. Per Juni 2017, total DPK BCA Syariah tercatat sebesar Rp 4,24 triliun.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, unit layanan syariah BCA Syariah merupakan unit yang co-location dengan jaringan BCA. Artinya, unit tersebut akan menjadi alternatif pilihan bagi nasabah BCA yang membutuhkan produk perbankan syariah, sehingga tidak perlu mencari-cari kantor cabang BCA Syariah.

“Unit layanan syariah tentu memberi kontribusi signifikan. Kontribusi terhadap DPK juga tinggj kurang lebih 20 persen dan kalau terus tumbuh DPK akan semakin baik. Selain itu, unit layanan syariah juga merupakan point of referral jadi kalau ada nasabah BCA butuh pembiayaan konsumtif seperti emas, dan nanti ada pembiayaan umroh atau mungkin ada kebutuhan terkait KPR dan KKB syariah, mereka bisa diproses di cabang BCA,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut dia, nasabah BCA Syariah juga bisa bertransaksi di kantor cabang BCA konvensional dimana saja. “Jangan kuatir bagi nasabah BCA Syariah apabila datang ke cabang BCA tidak ada unit layanan syariah, mereka tetap bisa bertransaksi lewat ATM BCA atau datang ke konter BCA itu bisa diterima juga, gratis, nggak perlu bayar apa-apa,” ungkap John.

Terkait jumlah unit layanan syariah, John menegaskan pihaknya akan terus memperluas kehadirannya. Pada semester II ini BCA Syariah juga akan kembali menambah kantor cabang di Palembang, sehingga akan menambah pula jumlah unit layanan syariah. Saat ini BCA Syariah memiliki 27 unit layanan syariah.

Di lain pihak, terkait efisiensi, BCA Syariah kini juga tengah terus mengembangkan electronic channel. “Kami sudah ada ATM BCA mau transfer atau cek saldo itu bisa. Selain itu, kami juga punya mobile banking, kalau mau transfer ke BCA atau antar BCA Syariah saat mau transfer biayanya nol,” ujarnya.

Selain itu, saat ini mobile banking BCA syariah juga sudah bisa untuk melakukan sejumlah pembayaran misalnya, tagihan PLN atau membeli pulsa. “Mobile banking BCA Syariah ini menganut yang namanya single relationship model artinya ketika login masuk semua relationship nasabah yang ada di BCA Syariah misalnya punya tabungan mabrur dan pembiayaan kelihatan semua jadi memudahkan nasabah mengecek portofolio di BCA Syariah,” papar John.

Pada kesempatan yang sama, John mengungkapkan pihaknya juga akan mengembangkan Flazz BCA Syariah di masa mendatang. “Kita nanti juga mau ada Flazz BCA Syariah jadi kalau mau pakai transksi di tol, busway, atau naik kereta itu semua bisa menggunakan Flazz BCA Syariah. Tunggu saja tanggal mainnya, modelnya sudah ada juga,” pungkasnya.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment