Alat Kolaborasi

 

Anda dapat menggunakan situs ini untuk berkolaborasi dengan alat-alat kolaborasi yang ada. Untuk saat ini, alat kolaborasi yang tersedia adaalah forum khusus group dan docs.

Komunikasi dan Diskusi Internal Group

Anda telah membuat group Anda sendiri. Misalnya, ini adalah group untuk para peminat inovasi produk keuangan syariah. Melalui group, Anda ingin membuat semacam survei online mengenai produk keuangan syariah apa yang sangat diinginkan masyarakat.  Pertanyaan survei dan metodenya belum ada, oleh karena itulah Anda mengajak rekan-rekan sepeminatan Anda untuk ikut membahasnya.  Nah di sinilah gunanya Group yang Anda buat.

Anda dapat memaksimalkan forum diskusi group untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan rekan Anda tentang ide survei, metode, pertanyaan survey, dan sebagainya. Tidak usah takut terganggu atau mengganggu angota situs yang lain, forum diskusi group ini tertutup dan hanya dapat diakses oleh anggota group.

Berkolaborasi Dokumen

Docs, untuk membuat draft pertanyaan survei. Anda dapat membuatnya langsung di web atau buat dalam format MS Office, lalu diupload ke Docs yang Anda buat.

Biasanya metode membuat dokumen langsung di Docs ini kurang diminati jika dokumennya cukup kompleks.  Jika demikian, membuat dokumen di MS Office, misalnya untuk format file .xls, .doc, dan .ppt dapat dilakukan dulu di komputer Anda. Setelah itu, upload filenya sebagai attachment di Docs yang Anda buat. Sementara di Docs yang Anda buat, yang berformat HTML dan mirip postingan artikel ketika Anda nge-blog, Anda dapat menempatkan keterangan saja tentang file yang Anda upload tersebut.  Tiap revisi yang Anda dan rekan Anda buat dapat terekam di “History” Docs. 

Selain file MS Office, Anda juga dapat mengunggah file PDF, GIF, TIFF, dan JPG. Misalnya, Anda perlu merancang desain banner bersama rekan.  Anda dapat membuatnya melalui aneka perangkat lunak penyunting gambar di komputer Anda, lalu mengunggahnya sebagai GF, TIFF, atau JPG. Biasanya format JPG lebih disukai karena kecilnya ukuran file.

Membuat Dokumen 

Membuat dokumen kolaboratif dimungkinkan baik Anda berada di dalam group maupun tidak.

Cara tercepat adalah memanfaatkan Admin Bar. Hover cursor ke “Docs” => “Create New Doc”, klik! Anda akan dibawa ke laman pembuatan Docs baru. Isi kolom judul dengan judul dokumen yang diinginkan. Isi bagian teks utama dengan konten yang diinginkan.  Unggah file yang diperlukan, lihat bagian sebelumnya tentang apa bedanya membuat dokumen langsung di web dan membuat di komputer lalu mengunggahnya ke Docs.

Sebagai Docs Author, Anda dapat mengaosiasikan Docs ini dengan group yang Anda bergabung di dalamnya atau tidak diasosiasikan dengan group. Yang pertama akan membuat Docs yang Anda buat terkait dengan group, misalnya untuk renacana survey inovasi produk keuangan syariah yang dicontohkan sebelumnya. 

Jika tidak diasosiasikan dengan group, Docs yang Anda buat hanya akan diasosiasikan dengan akun Anda.

Mengatur Akses ke Docs

Membuat Docs yang diasosiasikan dengan akun pribadi Anda, akses terhadap Docs dapat diatur, yaitu:

  • Siapa yang dapat membacanya? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, dan Siapa Saja di Internet.
  • Siapa yang dapat mengedit? Hanya Pembuat Doc  atau Anggota Situs yang Login
  • Siapa yang dapat berkomentar? Hanya Pembuat Docs atau Anggota Situs yang Login
  • Siapa yang dapat membaca komentar? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, dan Siapa Saja di Internet. 

Sedangkan untuk Docs yang diasosiasikan dengan group, akses terhadap Docs dapat diatur, yaitu: 

  • Siapa yang dapat membacanya? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, Anggota Group, Admin dan Moderator Group,  dan Siapa Saja di Internet.
  • Siapa yang dapat mengedit? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, Anggota Group, dan Admin dan Moderator Group
  • Siapa yang dapat berkomentar? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, Anggota Group, dan  Admin dan Moderator Group.
  • Siapa yang dapat membaca komentar? Hanya Pembuat Docs, Anggota Situs yang Login, Anggota Group, Admin dan Moderator Group,  dan Siapa Saja di Internet.

[su_row]
[su_column size=”1/2″]

Previous Tutorial >> Kolaborasi Dimulai di Sini

[/su_column]
[su_column size=”1/2″]

Next Tutorial >> Nge-Blog di Blog Komunitas

[/su_column][/su_row]