Pasar Modal Syariah
198 views

Tujuh Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel

by on 05/07/2017
 

Imbal hasil sukuk ritel rata-rata di atas deposito bank.

Sejak penerbitan perdana sukuk ritel pada 2009, instrumen sukuk negara ritel yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia telah menarik hati para investor individu tanah air. Tak hanya karena imbal hasilnya yang menarik, yang rata-rata di atas deposito bank, instrumen ini juga memiliki sejumlah keunggulan lainnya. Apa saja?

  1. Proses Mudah

Untuk membeli sukuk ritel ini, prosesnya sangat mudah. Kamu tinggal mendatangi bank atau perusahaan sekuritas yang menjadi agen penjual sukuk ritel. Persyaratannya pun nggak ribet. Cukup dengan fotokopi KTP, mengisi formulir pembelian dan membuka rekening surat berharga. Simpel kan?

  1. Terjangkau

Investasi di sukuk ritel juga terjangkau buat investor pemula. Kamu bisa berinvestasi di sukuk ritel mulai dari Rp 5 juta saja, sedangkan untuk maksimal pembelian sukuk ritel adalah Rp 5 miliar.

  1. Aman

Karena sukuk ritel diterbitkan oleh pemerintah, so pasti instrumen ini aman sebagai tempat investasi kamu. Sukuk ritel ini bisa dibilang zero risk atau hampir tidak ada risiko karena sepenuhnya dijamin oleh negara. Nggak usah kuatir pembayaran imbal hasil sukuk telat atau dana pokok kamu nggak kembali, karena pembayaran imbal hasil dan dana pokok sukuk ritel telah masuk dalam APBN. Jadi imbal hasil sukuk ritel pasti dibayar setiap bulan dan dana pokok investasi kamu pun akan kembali saat sukuk jatuh tempo.

  1. Menguntungkan

Sukuk ritel juga memberikan imbal hasil yang kompetitif, sehingga menguntungkan bagi investor. Sejak 2009 sampai penerbitan sukuk ritel tahun ini, imbal hasil yang diberikan berkisar antara 6-12 persen. Relatif lebih tinggi dari deposito bank. Menarik, kan?

  1. Sesuai Syariah

Investasi di sukuk ritel itu udah sesuai syariah belum ya? Kamu nggak usah kuatir soal kesesuaian syariah sukuk ritel, karena dalam setiap penerbitan sukuk ritel sudah memeroleh pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Jadi kamu bisa berinvestasi dengan nyaman dan tentram.

  1. Pajak Lebih Rendah

Dibanding pajak yang dikenakan pada produk deposito bank, pajak sukuk ritel ini lebih rendah, loh. Bila pajak deposito mencapai 20 persen, pajak sukuk ritel ini hanya dikenakan sebesar 15 persen. Jadi investasi kamu bisa lebih maksimal! Asyik, kan?

  1. Imbal Hasil Tetap

Imbal hasil sukuk negara ritel bersifat tetap atau fixed sampai jatuh tempo. Biasanya tenor sukuk ritel adalah 3 tahun, jadi kamu pun akan memeroleh imbal hasil setiap bulan selama 3 tahun selama sukuk negara ritel itu kamu pegang sampai jatuh tempo.

untuk mengetahui lebih jauh apa itu sukuk ritel berikut ini kami lampirkan Vidio Penjelasan secara ringkas perihal sukuk ritel.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment