Pasar Modal Syariah
641 views

Mau Aman Berinvestasi Saham Syariah? Simak Tips Berikut!

by on 01/06/2016
 

Ingin investasi saham syariah anda aman di bursa pasar modal? Yuk, simak kiat-kiatnya berikut di bawah ini!

Berinvestasi saham di pasar modal memang memiliki resiko yang cukup tinggi. Pun tak terkecuali di saham syariah. Karena bagaimanapun, investasi saham ini sangat lekat dengan filosofi ilmu ekonomi, high risk, high gain.

Namun demikian, ada caranya agar investasi saham syariah si investor bisa relatif aman. Sebuah cara yang sebenarnya tak terlalu rumit, alias relatif mudah untuk dilakukan.

Bagaimanakah caranya tersebut? Yaitu cermatlah dalam memilih saham! Kemudian dengan cermat, pilihlah saham-saham syariah yang masuk dalam Jakarta Islamic Index, atau biasa disebut JII. JII adalah saham-saham pilihan dari Daftar Efek Syariah (DES) yang ada.

Kenapa kami menyarankan agar investor cermat dalam memilih saham? Karena kalau kita tak cermat memilih saham, maka bisa saja kita memilih saham yang volatilitasnya tinggi. Padahal, saham yang bervolatilitas tinggi, pasti risikonya tinggi. Jadi kalau saham yang tidur, tiba-tiba naik, maka itu biasanya naik sampai sangat tinggi, dan itu merupakan risiko.

Dan di dalam DES, ada saham-saham yang mengalami hal tersebut. Namun, kalau saham DES yang masuk JII, itu relatif lebih aman. Karena pada saham-saham tersebut, bukan cuma ada beberapa investor yang bermain. Namun, industri, atau pun institusi seperti asset manajemen, head fund asing, semuanya bermain ke saham-saham big capitalization atau big capt (kapitalisasi terbesar) tersebut. Intinya, di saham-saham big capt, biasanya hampir semua investor memiliki saham tersebut, sehingga aman. Nah, saham-saham JII adalah termasuk dalam saham-saham yang big capt. Jadi volatility-nya relatif rendah.

Sehingga kesimpulannya adalah dengan volatility rendah, maka itu biasanya identik dengan risiko yang rendah. Sementara kalau volatility tinggi, maka itu berbicara risiko sangat tinggi. Jadi saham-saham yang masuk dalam JII, relatif mempunyai volatilitas rendah, sehingga risikonya berarti juga rendah.

Saham dengan volatility rendah, biasanya risikonya rendah Click To Tweet

Jadi, kalau anda mau investasi saham syariah anda aman, maka pilihlah saham-saham syariah dalam DES yang masuk ke dalam JII. InsyaAllah, pilihan anda itu akan bisa menghasilkan profit investasi yang bagus, halal, dan juga berkah. Amin.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment