Tentang Situs Ini

 

Semua orang berhak atas ilmu pengetahuan, dunia internet memungkinkan lebih banyak orang mengakses informasi dan menimba ilmu pengetahuan. Pun dengan ilmu pengetahuan seputar ekonomi dan keuangan syariah. Semua orang berhak tahu, semua orang berhak membuatnya, dan semua orang berhak mengkritiknya.

Situs ini dibangun dengan semangat crowdsourcing, yaitu untuk membangun semacam repositori konten ekonomi dan keuangan syariah. Tidak banyak ahli ekonomi dan keuangan syariah di negeri ini, namun ilmu yang mereka kuasai bukan berarti tidak banyak juga. Di sinilah, para ahli dapat membagi konten ekonomi dan keuangan syariah. Para praktisi pun dapat melakukan hal yang sama. Pengamat, penggiat, dan sebagainya. Dan, masyarakat jadi tahu lebih banyak tentang ekonomi dan keuangan syariah.

Situs ini didedikasikan untuk memasyarakatan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia melalui metode crowdsourcing melalui internet.

Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) adalah kampanye nasional untuk mendorong keuangan syariah menjadi gaya hidup dan solusi keuangan cerdas bagi masyarakat.

Kampanye digagas oleh Otoritas Jasa keuangan (DPbS OJK), didukung dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juni 2015. Baca juga: Presiden Jokowi Dukung Keuangan Syariah

Jokowi Syariah

Presiden Joko Widodo saat peresmian Kampanye Nasional Aku Cinta Keuangan Syariah, 14 Juni 2015.

Situs Komunitas Aku Cinta Keuangan Syariah atau ACKS ini didirikan untuk mendukung kampanye nasional Aku Cinta Keuangan Syariah tersebut.

Situs ACKS ini disponsori oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dibangun dan dikelola oleh MySharing, Inspirasi dan Berita Ekonomi Syariah.

Apa yang bisa saya lakukan di situs ini? Baca ulasang singkat tentang fitur inti situs ini.

Silaturahmi
Situs ini mendorong silaturahmi antarpeminat ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air. Ketika Anda bergabung di situs ini, Anda dapat membuat pertemanan dengan anggota lain. Dengan begitu, Anda dapat melihat aktivitas teman Anda tersebut di situs ini.

Fitur Silaturahmi di situs Komunitas Keuangan Syariah

Anda juga dapat mengirim pesan pribadi secara aman kepada teman via fitur Direct Mmessage.

Baca lanjut tentang Silaturahmi di: http://akucintakeuangansyariah.com/doc/bersilaturahmi-dengan-anggota-lain/

Blog Komunitas
Anggota dapat membuat konten di situs ini. Konten yang dapat dibuat dapat berformat: Standard, Aside, Audio, Chat, Gallery, Image, Link, Quote, Status, dan Video. Namun umumnya, konten yang dibuat berformat standar, blog dengan gambar misalnya.

Selama ini, di Indonesia, belum ada blog komunitas khusus ekonomi dan keuangan syariah. Situs ini hadir untuk memprakarsai blog komunitas di ceruk pasar ekonomi dan keuangan syariah. Anda yang telah belum memiliki blog pribadi namun tertarik membuat sebuah blog tentang ekonomi dan keuangan syariah, dapat bergabung di situs ini. Anda dapat memiliki laman arsip sendiri, serta laman profil yang mendaftarkan artikel yang Anda buat di situs ini.

Blog Komunitas Keuangan Syariah

Bagaimana dengan Blog network? Dimungkinkan untuk dikembangkan ke arah itu. Namun, saat ini masih menjadi blog komunitas sambil menjajaki kesiapan menjadi blog network.

Baca lanjut tentang Blog Komunitas di http://akucintakeuangansyariah.com/doc/cara-nge-blog-di-blog-komunitas-acks/

Alat Kolaborasi
Situs ini menggunakan Buddypress Docs sebagai alat kolaborasi antaranggota di dalam Group maupun antaranggota yang tidak satu grup. Buddypress Docs atau kita sebut selanjutnya sebagai Docs adalah tipe konten yang dapat diedit secara bersama dan tentunya didiskusikan. Mirip seperti fungsi wiki atau fitur kolaborasi dokumen pada Google Docs.

Contoh penggunaan Docs sebagai alat kolaborasi misalnya:

  1. Draft proposal penelitian bagi Anda para peneliti
  2. Draft proposal kegiatan bagi Anda para Mahasiswa
  3. Working papers
  4. Kamus istilah ekonomi syariah
  5. Wiki ekonomi syariah
  6. Apapun dokumen yang perlu dikerjakan/ disetujui bersama

Kolaborasi DokumenBaca lanjut tentang Alat Kolaborasi: http://akucintakeuangansyariah.com/doc/alat-kolaborasi/

Berdiskusi di Forum Diskusi Ekonomi Syariah
Situs ini dilengkapi dengan forum diskusi. Hal ini untuk memfasilitasi diskusi antarangggota. Hal lainnya, memberikan ruang khusus bagi diskusi khusus ekonomi syariah. Sebagaimana diketahui, di beberapa forum diskusi online yang populer, forum khusus ekonom syariah sulit untuk ditemukan.

Ada beberapa mailing list terkait ekonomi syariah dengan muatan diskusi di dalamnya. Namun, tidak semua orang dapat mengakses konten di dalamnya. Karena mailing list biasanya tertutup. Di sini, konten diskusi dapat diatur visibilitasnya.

Di sini, bahkan forum diskusi dapat dibuat ekslusif di dalam group untuk mendukung fungsi kolabortif situs ini. Forum diskusi di dalam Group memungkinkan anggota Group untuk berdiskusi dengan lebih privasi dan terfokus. Topik diskusi pun menjadi dapat dibuat lebih spesifik jika dilakukan di dalam Group.

Diskusi Keuangan Syariah

Baca lanjut tentang Forum Diskusi di: http://akucintakeuangansyariah.com/forums/

Nah, tertarik untuk mencoba? Atau ada pertanyaan? silakan ajukan di Forum Diskusi “Penggunaan Situs” .