Bank Syariah
553 views

Syariah? Siapa Takut!

by on 11/08/2015
 

Selama 3 tahun, saya mempelajari segala hal mengenai perbankan syariah di jenjang SMK. Pada awalnya saya hanya tertarik dengan tittle “Perbankan” dan tidak tertarik sama sekali dengan gelar “Syariah” tersebut. Namun, setelah mengetahui bagaimana sistem perbankan syariah, seketika saya jatuh hati kepada Bank Syariah.

Sistem di dalamnya mengandung prinsip keadilan dan saling menguntungkan. Peraturannya turun langsung dari Sang Khalik dan Rasulullah. “Sambil menyelam, minum air”, “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”, itulah dua pribahasa yang tepat untuk menggambarkan bagaimana menguntungkannya mempelajari keuangan syariah.

Karena selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai sistem keuangan yang Rahmatan lil alamin, kita juga dapat memperdalam keimanan. Karena sistem syariah peraturannya berasal dari Al-Qur’an dan Hadist yang terbukti dalam implementasinya tidak ada pihak yang dirugikan. Allah SWT sudah mengatur segalanya agar dapat berjalan dengan baik, salah satunya adalah sistem perekonomian agar dapat menciptakan kesejahteraan.

Mashaa Allah, sedetail itu Ia cukupkan. Selama saya mengenyam pendidikan di SMK pernah disuatu hari saya ingin membandingkan pelayanan antara perbankan konvensional dan perbankan syariah. Saya ingin melakukan transaksi transfer di salah satu perbankan konvensional, dengan menggunakan seragam sekolah saya masuk ke dalam Bank tersebut.“Selamat sore, ada yang bisa saya bantu?” sapa petugas satpam yang menjaga pintu. Kemudian saya bertanya cara untuk transfer, kemudian bapak tersebut mengarahkan saya walau saya merasa keramahan dalam pelayanannya kurang memuaskan. Setelah mengisi slip transfer saya harus mengantre selama kurang lebih 1,5 jam.

Tidak sampai disitu, pelayanan yang saya dapat dari Teller pun kurang memuaskan karena tidak menunjukkan adanya keramahan. Sempat saya berpikir “Apakah yang bisa mendapatkan pelayanan yang terbaik hanya orang yang berpangkat tinggi dan bergelimang harta?”. Untuk menjawab hal tersebut saya melakukan hal yang sama di Perbankan syariah.

Ternyata walaupun saya hanya seorang pelajar saya tetap merasa sangat dihargai ketika sedang bertransaksi di perbankan syariah. Dimulai dari pintu masuk, senyum, sapa, dan salam sudah saya dapatkan dari petugas satpam. Disediakan kursi yang nyaman agar tidak lelah dalam mengantre. Dan pelayanan Teller pun sangat cepat dan memuaskan. Itulah pengalaman pertama saya bertransaksi di Bank Syariah. Sejak saat itu, saya memutuskan mengerahkan loyalitas saya kepada Bank Syariah.

Oleh: Vita Intan Safitri
URL: http://ueu201412101.weblog.esaunggul.ac.id/2015/08/11/syariah-siapa-takut/

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment