Pasar Modal Syariah
239 views

SPV Sukuk Negara, Apa Itu?

by on 21/07/2017
 

SPV Sukuk Negara adalah Perusahaan Penerbit SBSN.

Dalam penerbitan sukuk negara ada satu pihak yang berperan memfasilitasi penerbitan sukuk. Namanya Special Purpose Vehicle (SPV). Apa itu? Pada dasarnya SPV adalah badan hukum yang hanya berfungsi sebagai fasilitator dalam pelaksanaan transaksi sukuk.

Pada transaksi penerbitan sukuk negara, yang bertindak sebagai SPV adalah Perusahaan Penerbit SBSN. Perusahaan tersebut merupakan badan hukum yang didirikan berdasarkan ketentuan UU SBSN dengan amanat untuk melaksanakan kegiatan penerbitan SBSN. Jadi pendirian Perusahaan Penerbitan SBSN punya dasar hukum yang jelas karena didukung oleh UU SBSN.

Nah karena SPV didirikan dengan tujuan khusus, maka kegiatannya hanya terbatas pada hal-hal yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan akan berakhir apabila tujuan telah tercapai. Kegiatan SPV pun akan berakhir dengan sendirinya apabila sukuk telah jatuh tempo.

Lalu, apa saja fungsi utama Perusahaan Penerbit SBSN sebagai SPV? Sesuai dengan kewenangan yang diberikan, Perusahaan Penerbit SBSN memiliki dua fungsi utama, yakni sebagai penerbit SBSN dan sebagai wali amanat. Dalam melaksanakan fungsi sebagai penerbit SBSN, SPV menerbitkan SBSN berdasarkan penetapan Menteri Keuangan.

Untuk menerbitkan SBSN, Perusahaan Penerbit SBSN dibantu oleh satuan kerja pemerintah dalam melakukan penyiapan berbagai dokumen. Diantaranya penyiapan dokumen transaksi aset SBSN, memorandum informasi, dokumen perjanjian perwaliamanatan, terms and conditions SBSN, laporan pelaksanaan penerbitan SBSN dan laporan tahunan, serta kegiatan lain yang terkait dengan penerbitan SBSN.

Sementara, sebagai Wali Amanat (trustee), mereka juga punya beragam fungsi demi kepentingan investor. Diantaranya melakukan perikatan dengan pihak lain, mengawasi aset SBSN, dan mewakili kepentingan lain investor terkait dengan perikatan dalam rangka penerbitan SBSN.

Dalam melaksanakan fungsi wali amanat, Perusahaan Penerbit SBSN ini juga dibantu oleh satuan kerja pemerintah. Satuan kerja ini membantu dalam melakukan penatausahaan aset SBSN, pengawasan atas aset SBSN, dan kegiatan lain yang terkait dengan pelaksanaan fungsi Perusahaan Penerbit SBSN sebagai wali amanat.

Pengen tau lebih lanjut siapa saja yang dapat dikatakan sebagai SPV Sukuk Negara  hanya dengan mengikuti agenda besar kami Investor Gathering Cirebon pada tanggal 12 Agustus 2017 di Hotel Swiss -Belhotel Cirebon cara daftarnya gampang kok dengan melakukan pendaftaran secara Online melalui link berikut ini daftar Investor gathering cirebon

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment