Knowledge Base
706 views 0 comments

SIMULASI INVESTASI SAHAM SYARIAH Dengan Investasi Rp500.000/bulan, Bisa Tumbuh Berapa Dalam 5 Tahun?

by on 19/09/2017
 

Mengelola keuangan pribadi untuk tujuan diinvestasikan bukan hal mudah pada saat ini. Apalagi jika kita tinggal di perkotaan yang cenderung mendorong kita memilih untuk berperilaku konsumtif untuk menunjang gaya hidup (lifestyle) daripada memilih gaya hidup untuk berinvestasi.

Namun, apa pun kondisinya perlu disadari oleh diri kita bahwa investasi memiliki peran penting sebagai bekal di masa depan. Berinvestasi harus dilakukan sejak dini dan tanpa di tunda – tunda karena dengan berinvestasi sejak dini jangka waktu yang akan ditempuh akan lebih panjang maka berpotensi dapat memberikan keuntungan yang lebih besar.

Dengan berinvestasi, akan membuat dana yang kita miliki dapat berkembang dan menghindarkan kita dari risiko inflasi setiap tahun.

Selain itu, dengan berinvestasi juga akan dapat membantu kita untuk mewujudkan keinginan, seperti membeli rumah, kendaraan, membiayai anak sekolah hingga pendidikan tinggi, hingga travelling. Dengan  berinvestasi juga akan membebaskan kita dari masalah keuangan (financial freedom) pada masa usia pensiun dan tidak mampu lagi bekerja.

Saat ini berinvestasi dalam pasar modal syariah dalam hal ini saham dapat dimulai dengan dana atau modal yang relatif rendah yaitu dapat dimulai dengan modal minimum Rp100.000.

Selain saham syariah ada juga instrumen investasi lainnya yang dapat rekan – rekan jadikan sebuah pilihan dalam berinvestasi seperti  reksa dana, deposito, obligasi, emas dan properti juga dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan invetasi. Namun yang perlu diperhatikan oleh rekan – rekan sekalian dalam setiap jenis investasi tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dalam memberi keuntungan dan risiko.

Untuk mengetahui lebih jelas keuntungan dalam berinvestasi dengan instrumen saham syariah yang dijadikan pilihan, saya mencoba memberikan perhitungan atas berapa besar sih profit yang dapat kita hasilkan apabila kita telah menjadi seorang investor yang handal dalam melakukan analisa fundamental dan analisa teknikal berikut ini saya menggunakan Kalkulator Financial Plan yang saya buatkan dalam bentuk file Excel 2013 berikut ini.

Sebagai contoh saya menggunakan instrumen investasi saham syariah yang dinilai memiliki hasil yang besar dengan resiko yang besar pula di pasar. Rata-rata return (keuntungan) disesuaikan dengan kemampuan rekan-rekan dapat hasilkan di dalam perdagangan saham syariah sekitar 5% atau 15% persen per bulan.

Misalnya, pada tahun 2017 modal investasi awal kita Rp 500.000. Kemudian kita rutin setiap bulan berinvestasi pada saham syariah yang dapat menghasilkan 7% hasil rata – rata profit yang diperoleh setiap bulan yang ditambah secara rutin uang sebesar Rp 500.000 selama 60 bulan (5 tahun).

Lantas, berapa kira-kira hasil investasi kita pada 5 tahun mendatang?

Tabel : Simulasi Kalkulator Investasi Saham File Excel

Hasil simulasi dengan kalkulator perencanaan investasi :

 

Berdasarkan perhitungan kalkulator perencanaan keuangan, yang saya buat dengan mempergunakan Excel maka terlihat perkembangan dana investasi yang terkumpul mencapai Rp 30juta. Pada September 2022, uang kita telah menjadi Rp 435.233.405 juta atau bertumbuh sekitar Rp 405.233.405

Hasil nilai investasi tersebut bisa lebih besar apabila dilakukan dengan jangka waktu investasi yang lebih panjang. Namun, harus tetap diperhatikan bahwa semakin tinggi tingkat keuntungan (return) yang diharapkan maka akan semakin tinggi pula risiko yang harus ditanggung (high risk high return). Sebaiknya melakukan investasi disesuaikan dengan profil risiko masing-masing dan harus memiliki kemampuan analisa saham baik secara fundamental dan teknikal yang baik dan tepat.

Kemudian apabila kita tidak berinvestasi dan hanya menyimpan uang di bawah bantal atau celengan, maka tentu saja uang kita tidak akan bertambah nilainya atau bahkan akan berkurang karena tergerus oleh inflasi.

Bahkan orang-orang terkaya di dunia pun melakukan investasi untuk mempertahankan nilai aset dari kekayaannya seperti yang dilakukan oleh Warren Buffett dan Robert Kiyosaki. Sebenarnya berinvestasi tidak hanya menahan kesenangan saat ini saja. Namun secara jangka panjang, investasi akan sangat bermanfaat bagi kita untuk memenuhi kebutuhan dan ketidakpastian di masa depan. Oleh karena itu, investasi sangatlah penting dan harus dilakukan sejak dini.

Bagi yang ingin menghitung sendiri untuk hasil investasi dari saham dapat mendownload kalkulator investasi saham berikut ini :

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment