Pasar Modal Syariah
653 views

Shamsi: Indonesia Harus Lebih Agresif Kembangkan Pasar Modal Syariah

by on 25/05/2016
 

Sebagai negara Muslim terbesar di dunia, Indonesia harus bangkit kembangkan pasar modal syariah.

Imam Besar Masjid New York, Shamsi Ali menilai perkembangan keuangan syariah syariah di Indonesia masih lambat dibandingkan dengan Malaysia. Menurutnya, Malaysia itu umat Muslimnya hanya sekitar 6 persen, tapi pertumbuhan pasar modal syariahnya  sangat luar biasa.

“Indonesia yang 200 juta lebih Muslim, tapi sistem keuangan Islam-nya sangat lemah, tidak hanya di pasar modal syariah. Saya kira Indonesia harus lebih agresif lagi kembangkan pasar modal syariah,”   kata Shamsi saat ditemui AkuCintaKeuanganSyariah di sela-sela International Conference of Islamic Media (ICIM) di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (25/5).

Shamsi pun bercerita bahwa ada seorang petinggi kementerian Amerika Serikat (AS) yang berkata kepada dirinya. Ucapan petinggi kementerian itu, kata Shamsi, adalah Indonesia itu harus mengurangi rasa rendah hati. Bukanlah menyuruh Indonesia untuk lebih sombong, tapi maksudnya  adalah Indonesia jangan terlalu malu-malu mengembangkan keuangan syariah, karena potensinya sangat besar. Yakni, Indonesia itu penduduk Muslim terbesar dunia, Indonesia itu demokrasi, Indonesia itu penduduk terbesar di dunia, punya peranan international luar biasa,  begitu pula sejarah Indonesia yang sangat luar biasa.

Indonesia itu selalu selalu memberi peluang kepada negara lain, tidak mau mengambil inisitif dan tidak mau produktik. “Saya kira, ini masanya  Indonesia harus bangkit kembangkan pasar modal syariah,” tegas Shamsi.

Shamsi menegaskan, dunia Barat saja sudah mengakui bahwa keuangan syariah adalah ekonomi yang tahan banting. Di saat keuangan dunia anjlok, saham-saham berbasis syariah tetap naik. Anjloknya keuangan dunia itu lantaran transaksi riba yang sangat babble  tidak riil.  “Orang main dengan nomor sesungguhnya nggak ada, akhirnya cepat ambruk. Nah, saham syariah selain memiliki moral juga basis yang solid,” ungkapnya. .

Shamsi Ali: Saham syariah selain memiliki moral juga basis yang solid Click To Tweet

Di Inggris, lanjut dia, sistem keuangan syariah termasuk didalamnya pasar modal syariah sudah mulai digalakkan. Bahkan,  di Amerika Serikat (AS) sistem keuangan berbasis Islam ini sudah masuk world street. ”Saya kira keuangan syariah sudah mulai berkembang dan dikenal di negara non Muslim,” ujarnya.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment