548 views 0 comments

Sebelum Investasi, Pahami Tiga Hal Penting Ini!

by on 29/05/2017
 

Pastikan tempat tujuan investasi memeroleh izin dari otoritas.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja menghentikan kegiatan tiga usaha yang diindikasikan sebagai investasi bodong, akhir pekan lalu. Tiga kegiatan usaha tersebut adalah Koperasi Harus Sukses Bersama, PT Multi Sukses Internasional dan portal assetamazon.com.

Kegiatan operasional tiga entitas tersebut dihentikan karena belum mendapat izin dari otoritas manapun dalam menawarkan produknya yang berpotensi merugikan masyarakat dan diduga telah melanggar ketentuan yang berlaku. Setelah melakukan kajian, analisis serta tindak lanjut penanganan terhadap entitas tersebut dan berdasarkan aturan hukum yang berlaku, Satgas Waspada Investasi OJK pun menyatakan bahwa entitas tersebut harus menghentikan kegiatan usahanya.

Saat memeroleh tawaran investasi yang menggiurkan terkadang memang ada saja masyarakat yang langsung percaya tawaran tersebut dan buru-buru menempatkan dananya demi mendapatkan imbal hasil besar semata. Padahal, tawaran investasi yang tidak wajar dan tanpa risiko patut untuk dicurigai sebagai investasi bodong, loh.

Dilansir dari laman OJK, Senin (29/5), Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap kegiatan investasi yang tidak wajar. Apabila masyarakat menemukan kegiatan investasi yang mencurigakan dihimbau untuk melaporkannya ke Satgas Waspada Investasi OJK.

Selanjutnya Satgas Waspada Investasi pun menghimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memahami tiga hal sebagai berikut :

  1. Memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.
  2. Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.
  3. Memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sejak awal 2017, Satgas Waspada Investasi OJK telah menghentikan kegiatan usaha 29 entitas dan akan terus memantau serta mencari informasi tentang kegiatan investasi ilegal dari berbagai sumber di masyarakat. Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat bisa mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 1500655, email [email protected] atau [email protected].

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment