Pasar Modal Syariah
494 views

Saham Syariah Lebih Rendah Risikonya, Loh…

by on 25/10/2016
 

Kinerja saham syariah bergerak seiring IHSG.

Industri pasar modal Indonesia turut memiliki saham-saham yang tergabung dalam Daftar Efek Syariah, yaitu daftar saham-saham yang dikategorikan sebagai saham syariah. Nilai kapitalisasi pasar saham syariah pun kini sudah lebih dari 50 persen. Dari total kapitalisasi pasar sebesar Rp 5.830 triliun, kapitalisasi pasar saham syariah sebesar Rp 3.270 triliun.

Kendati sudah cukup banyak saham yang termasuk saham syariah, acapkali masih muncul pertanyaan mengenai kinerja dari saham syariah. Menurut Chief Executive Officer Eastspring Investment Riki Frindos, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibanding Indeks Saham Syariah Indonesia tidak jauh berbeda.

“Mereka hampir bergerak seiringan, artinya ketika dihadapkan pilihan ingin saham konvensional atau saham syariah, tidak ada hal yang dikorbankan karena secara historis kinerjanya tidak jauh berbeda dalam jangka panjang,” katanya dalam Media Roundtable Hasil Bisnis dan Investasi Syariah Prudential, Selasa (25/10).

Meski demikian, lanjutnya, karakteristik saham syariah secara intrinsik berbeda dengan saham konvensional. Aturan kepatuhan syariah pada saham syariah berimplikasi secara riil, misalnya ada batasan tingkat hutang terhadap aset. Jika suatu emiten punya utang terlalu banyak, maka sahamnya tidak bisa dikategorikan sesuai prinsip syariah.

Riki Frindos: Emiten syariah risikonya lebih rendah karena utangnya dibatasi maks 45% Click To Tweet

“Dengan dibatasi rasio utangnya, maka perusahaan akan less risky (lebih rendah risikonya) terhadap perubahan suku bunga. Jadi secara intrinsik perusahaan yang sahamnya adalah saham syariah lebih rendah risikonya. Tapi, berdasar data historis, jika membeli saham syariah tidak ada yang dikorbankan dalam hal performa,” papar Riki. Suatu saham dikategorikan sebagai saham syariah jika rasio utang emiten tidak lebih dari 45 persen dari total aset dan proporsi pendapatan bunga/non halal tidak lebih dari 10 persen.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment