IKNB Syariah
898 views

Saham Syariah Jadi Pilihan Investasi Sun Life Syariah

by on 21/03/2016
 

Saham syariah jadi instrumen teratas dalam penempatan investasi asuransi Sun Life Syariah.

sun lifeDalam penempatan investasi, industri asuransi syariah dapat memanfaatkan berbagai instrumen keuangan yang tersedia di pasar, mulai dari deposito, sukuk, hingga saham syariah. Bagi unit syariah Asuransi Sun Life Financial Indonesia, yang memiliki ragam produk kombinasi antara asuransi dan investasi, saham syariah pun menjadi instrumen yang dominan dalam penempatan investasi.

Kepala Divisi Syariah Asuransi Sunlife Financial Indonesia Srikandi Utami mengatakan, porsi penempatan investasi unit syariah Asuransi Sun Life di saham syariah mencapai di atas 40 persen. “Karena untuk jangka panjang dan nasabah memang ingin menempatkan di sana, jadi kami sesuaikan dengan kebutuhan nasabah saja,” katanya saat ditemui di sela-sela Rapat Tahunan Anggota Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia, Senin (21/3).

Unit syariah Asuransi Sun Life Financial Indonesia memiliki empat produk yang merupakan kombinasi antara asuransi dan investasi berbasis syariah. Produk-produk tersebut adalah Asuransi Brilliance Hasanah Fortune Plus, Asuransi Brilliance Amanah, Brilliance Hasanah Sejahtera dan Brilliance Hasanah Protection Plus.

Unit syariah Asuransi Sun Life menawarkan dua jenis pilihan dana investasi berbasis syariah, yaitu Salam Equity dan Salam Balanced Fund. Dana investasi Salam Equity akan ditempatkan di sahan syariah (>80%) dan pasar uang syariah (<20%). Sedangkan, dana investasi Salam Balanced Fund ditempatkan pada saham (<75%) dan/atau pendapatan tetap (<100%).

Berdasar Statistik Pasar Modal Syariah Direktorat Pasar Modal OJK per November 2015 jumlah saham yang masuk dalam Daftar Efek Syariah berjumlah 335 saham. Kapitalisasi pasar Indeks Saham Syariah Indonesia tercatat mencapai Rp 2.556 triliun, sedangkan kapitalisasi pasar Jakarta Islamic Index sebesar Rp 1.678 triliun.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment