Pasar Modal Syariah
191 views

RNI Terbitkan Sukuk Ijarah Senilai Rp 200 Miliar

by on 03/08/2017
 

PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) pada tanggal 2/8/2017 di Jakarta melakukan penerbitan Sukuk Ijarah I RNI Tahun 2017 (Sukuk Ijarah) senilai Rp 200 miliar. Apa makna strategis peluncuran Sukuk Ijarah bagi perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri, farmasi dan perdagangan ini?

Penerbitan Sukuk Ijarah tersebut ditandai dengan penyerahan bukti transfer dana investor oleh Direktur PT Danareksa Sekuritas – Santi Suryandari selaku arranger dalam transaksi tersebut kepada Direktur Utama PT RNI – B. Didik Prasetyo di Gedung RNI, Jakarta.

Menurut Dirut RNI – Didik Prasetyo, dana yang diperoleh dari penerbitan sukuk akan dipergunakan untuk membiayai produksi gula RNI pada masa giling 2017.

“Penerbitan Sukuk Ijarah tersebut menggenapi penerbitan Medium Term Note (MTN) RNI dengan total Nominal sebesar Rp 655 miliar yang sebelumnya telah diterbitkan dalam dua tahap, yaitu MTN I RNI Tahun 2017 sebesar Rp 77 miliar pada 13 April 2017 dan MTN II RNI Tahun 2017 sebesar Rp 388 miliar pada 9 Juni 2017,” papar Didik.

Keseluruhan penerbitan Sukuk RNI dengan jumlah Rp 655 miliar @SukukIjarah Click To Tweet

Keseluruhan penerbitan MTN dengan jumlah Rp 655 miliar tersebut dilakukan bersama-sama dengan PT Danareksa Sekuritas yang bertindak sebagai sole arranger.

“Penerbitan Sukuk Ijarah I RNI tahun 2017 ini merupakan bagian dari paket MTN RNI senilai total Rp 655 miliar Dimana sisa pendanaan kita arahkan kepada sistem syariah karena sesuai dengan himbauan pemegang saham agar RNI sebagai BUMN dapat masuk ke dalam ekonomi syariah,” tambah Didik.

Didik menilai, sistem pendanaan syariah sangat menjanjikan. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya permintaan investor terhadap penerbitan Sukuk Ijarah ini.

“Sukuk yang kami terbitkan mengalami over subscribe atau kelebihan permintaan. Nilai permintaan yang masuk sebesar Rp 475 miliar, over subscribe 2,4 kali dari jumlah yang disediakan sebesar Rp 200 miliar,” ungkap Didik. Peminat Sukuk Ijarah RNI yang cukup tinggi, dan melebihi jumlah yang disediakan, hal ini menunjukan RNI sebagai perusahaan yang layak investasi. Berdasarkan rating dari Pefindo RNI memiliki prospek bisnis baik.

Sukuk Ijarah I  RNI ini dilaksanakan dengan mengacu kepada prinsip syariah, yaitu Ijarah. Sukuk Ijarah sendiri merupakan Sukuk yang diterbitkan berdasarkan perjanjian atau akad Ijarah, di mana satu pihak bertindak sendiri atau melalui wakilnya menyewakan hak manfaat atas suatu aset kepada pihak lain berdasarkan harga atau periode yang disepakati, tanpa diikuti pemindahan kepemilikan aset itu sendiri.

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment