IKNB Syariah
2337 views

Rangkaian Acara Keuangan Syariah Fair 2016

by on 25/02/2016
 
Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK), Achmad Buchori membuka Keuangan Syariah Fair 2015 di Trans Studio, Bandung. Foto: DPbS OJK

Kepala Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (DPbS OJK), Achmad Buchori membuka Keuangan Syariah Fair 2015 di Trans Studio, Bandung. Foto: DPbS OJK

Keuangan Syariah Fair 2016 digelar pada 3-6 Maret 2016 di Mal Gandaria City, Jakarta.

Dalam rangka kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri keuangan syariah merencanakan berbagai program-program sosialisasi dan komunikasi keuangan syariah yang akan dilaksanakan selama 2016. Program tersebut akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, diantaranya melalui program pameran, training of trainers, dan pelatihan kepada elemen masyarakat.

“Rencananya pada 3-6 Maret 2016 akan digelar Keuangan Syariah Fair di Mal Gandaria City dan akan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Di dalam pembukaan acara juga akan ada beberapa kegiatan seremoni untuk mendukung kegiatan keuangan syariah,” kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mulya E Siregar dalam Media Briefing Keuangan Syariah Fair, Kamis (25/2).

Kegiatan seremoni pada saat pembukaan acara diantaranya launching Buku Standar Produk Perbankan Syariah (Produk Murabahah dan Musyarakah termasuk Musyarakah Mutanaqisah), launching working group SiKOMPAK Syariah (Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Keuangan Syariah). “Melalui SiKOMPAK Syariah ini secara bersama akan dilakukan sosialisasi mengenai keuangan syariah. Ini semangat OJK dalam era integrasi pengawasan, sehingga dalam melakukan sosialisasi juga terintegrasi,” ujarnya.

Kunjugi Keuangan Syariah Fair 2016 pada 3-6 Maret 2016 di Mal Gandaria City, Jakarta. Click To Tweet

Selain itu, akan ada pula soft launching kerjasama OJK dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia, Asosiasi Bank Syariah Seluruh Indonesia (Asbisindo) dan universitas islam negeri melalui pendirian laboratorium bank syariah mini di kampus, pernyataan komitmen dukungan ATM Prima dan ATM Bersama dengan Asbisindo untuk peningkatan layanan perbankan syariah di Indonesia, dan Layanan Terpadu Konsumen Keuangan Syariah oleh Departemen Perlindungan Konsumen OJK. Keuangan Syariah Fair 2016 juga akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, seperti lomba mewarnai, lomab marawis, make over hijab dan healthy food creation.

Direktur Perbankan Syariah OJK Ahmad Buchori menuturkan, khusus bank syariah akan ada kegiatan iB Goes to School Tabungan Simpanan Pelajar iB, dan workshop perbankan syariah kepada guru. “Nanti akan ada pula talkshow produk dan jasa keuangan syariah, talkshow perencanaan keuangan bersama Aidil Akbar, talkshow kepada guru, netizen, iB blogger meetup dengan Kompasiana, dongeng anak sampai SKJ Reunion,” paparnya.

Direktur Pasar Modal Syariah OJK Fadilah Kartikasasi memaparkan, pada Keuangan Syariah Fair akan ada workshop sukuk bekerjasama dengan Kedutaan Besar Inggris. Targetnya adalah perusahaan BUMN yang akan membahas tentang potensi penerbitan sukuk. “Selain itu akan ada juga workshop pelaku pasar berupa pendalaman materi, baik sukuk maupun reksa dana syariah karena pelaku pasar juga ujung tombak dari perkembangan pasar modal syariah,” jelasnya.

Akan ada booth OJK sebagai tempat edukasi tentang IKNB syariah di Keuangan Syariah Fair 2016 Click To Tweet

Direktur Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah OJK Moch Muchlasin, mengatakan pada Keuangan Syariah Fair juga akan ada booth OJK sebagai tempat edukasi masyarakat yang ingin mengetahui soal IKNB syariah, bank syariah dan pasar modal syariah. Selain itu, setidaknya ada 11 perusahaan IKNB Syariah yang akan turut serta dalam Keuangan Syariah Fair 2016 di Jakarta.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment