Pasar Modal Syariah
758 views

Rajinlah Berinvestasi Syariah Agar Bisa Wisata ke Korea

by on 18/07/2016
 

Ada banyak cara bagi milenial untuk bepergian, berwirausaha, menabung atau berinvestasi. Cobalah investasi syariah dan rasakan bedanya.

Apa manfaat jalan-jalan? Bagi Vicky Laurentina, akan dapat pengetahuan baru, belajar pengalaman baru, dan mendapat wisdom yang manfaatnya sendiri akan berlaku seumur hidup, dan itu semua tidak diperoleh dari bangku sekolah.

Siapa Vicky? Saya menikmati blogwalking di blognya. Pun mencari-cari tahu tentangnya di media sosial. Vicky adalah bloger profesional, secara terang-terangan menyatakan mencari uang dari blog. Ya, bukan hal aneh, kini banyak anak muda menjadi netpreneur, antara lain menjadi blogger profesional.

Mengapa Korea, Vicky punya alasan sendiri. Tapi bagi Dewan Juri, topik ini mewakili semangat zaman atawa zetgeist. Tidak apa jika Kamu tidak pernah mendengar “zetgeist” itu apalagi memahami artinya.

Kembali ke Korea, apa-apa yang tentang Korea menjadi magnet kini. Apakah para lelakinya yang berwajah manis-manis, gadis-gadisnya yang ramai berdansa dan menari, atau dramanya yang rasanya klop dengan perasaan Kamu.

Jadi,  menurut hemat kami, Vicky dengan jeli memilih topik yang menarik untuk pasar pembacanya, milenials. Kalau saya membuat artikel seputar tax amnesty, karena memang sedang menjadi berita hits di industri keuangan saat artikel ini dibuat, saya tidak yakin para milenial akan membacanya.  Simpel saja, tahukan kamu apa itu tax amnesty?

Sementara mimpi Vicky untuk berlibur ke Korea, adalah mimpi banyak  milenial. Lebih mudah dipahami pula kontennya jadinya.

Nah, menurut kami, artikel Vicky berjudul  Dari Pasar Modal Syariah Menuju Korea adalah konten milenial yang oleh karenanya sesuai dengan salah satu target pasar industri keuangan syariah, kaum muda.

Setelah  itu apa? Kriteria penjurian, seperti narasi cukup memenuhi. Terasa aliran ceritanya. Atau logikanya, khususnya pemicu mimpinya. Mirip dengan artikel Bahtiar H. Suhesta, pemenang pertama lomba blog investsai syariah, ada pemicu mimpi yang diingat terus oleh si penulis.

Pemicu itu adalah buku dari Claudia Kaunang (@ClaudiaKaunang), berjudul Rp 3 Juta Keliling Korea dalam 9 Hari.

Investasi syariah untuk wisata ke Korea, begini caranya! Click To Tweet

Kalau Kamu generasi X mungkin enggan menjadi backpacker di tahun-tahun ini. Tapi bagi mereka yang lahir di tahun 1980-an hingga kini, justeru saatnyalah menjadi backpacker.

Nah, bagaimana mewujudkan mimpi ke Korea itu. Vicky yang kebetulan investor syariah, cukup aktif pula, memaparkan rencananya.

“Dalam praktiknya, setiap kali saya mendapat penghasilan, sekitar 30% saya ambil untuk investasi, sebagian saya masukkan untuk menambah modal membeli saham, dan sisanya saya belanjakan untuk membeli unit reksadana”, kata Vicky di blognya.

korea

Dan, Vicky memahami mengapa harus berinvestasi syariah dan mengaku puas, “Ajaibnya, karena saya selalu memilih beli saham syariah, saya nggak pernah melihat perusahaan yang saya miliki sahamnya itu tercekik utang sampai berlebihan”, kata Vicky.

Alhasil, meski  simulasinya tidak begitu detail, topik yang milenial dan kekinian, pemahaman, bahwa ia juga investor yang artinya meningkatkan orisinalitas artikelnya, dan gaya bahasa serta narasi yang mengalur, kami menilai Vicky layak sebagai juara ketiga pada lomba blog investasi syariah. Baca juga: Para Pemenang Lomba Blog Investasi Syariah

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment