IKNB Syariah
80 views

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT Semen Padang

by on 07/09/2017
 

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah melakukan perjanjian kerjasama (PKS) Kerja sama penjaminan ini adalah untuk penjaminan pembayaran distributor semen yang menerima semen dari PT Semen Padang pada Rabu 6 september 2017, di kantor Kementrian BUMN, Jakarta.

Penandatangan PKS dilakukan di Kantor Kementerian BUMN pada Rabu 6 september 2017, oleh Direktur Utama PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Kadar Wisnuwarman dan Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry, dan disaksikan oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, dan didampingi oleh Direksi dan pejabat dari PT Jamsyar dan PT Semen Padang.

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah Jalin Kerjasama Dengan PT Semen Padang #IKNBSyariah Click To Tweet

Direktur Operasional Jamsyar Achmad Sonhadji mengatakan, bisnis semen di Indonesia sangat prospektif khususnya untuk kebutuhan properti dan infrastruktur. Selain berupaya dengan serius mewujudkan pembangunan sejuta rumah, Pemerintah juga tengah giat menggenjot pembangunan infrastruktur.

PT Penjaminan Jamkrindo Syariah yang berdiri pada September 2014 adalah anak perusahaan Perum Jamkrindo, yang bergerak di bidang penjaminan pembiayaan secara Syariah. Persentase kepemilikan Perum Jamkrindo pada PT Penjaminan Jamkrindo Syariah mencapai 99,99 persen. Dengan persentase kepemilikan yang hampir 100 persen tersebut maka Perum Jamkrindo akan melakukan back-up penuh atas aktivitas bisnis penjaminan yang dilakukan oleh PT Penjaminan Jamkrindo Syariah.

Produk penjaminan yang saat ini dikelola oleh PT Penjaminan Jamkrindo Syariah adalah Penjaminan KUR, Penjaminan Pembiayaan  Konstruksi dan Pengadaan Barang atau Jasa, Penjaminan Pembiayaan FLPP, surety bond & customs bond, Kontra Bank Garansi, dan sebagainya.

Kinerja PT Penjaminan Jamkrindo Syariah untuk saat ini sampai dengan Agustus  2017 ini, total pembiayaan yang telah dijamin adalah sebesar Rp 7,32 triliun dengan total pendapatan Imbal Jasa Kafalah sebesar Rp 99,85 miliar dan total aset sebesar Rp 415,30 miliar. Kinerja ini akan terus mengalami peningkatan untuk tahun-tahun kedepan, mengingat kepercayaan dari mitra bisnis penjaminan terus meningkat dan pelayanan berbasis Digi-G yang lebih cepat dan akurat.

“Kerjasama ini diperlukan untuk memperlancar proses distribusi semen dari produsen kepada distributor dan selanjutnya turut membantu pencapaian program pemerintah tersebut,” ujar Achmad di Jakarta, Rabu 6 september 2017,Setelah kerjasama dengan PT Semen Padang ini, Jamsyar juga akan meneken kerjasama kembali dengan perusahaan semen lainnya dalam grup PT Semen Indonesia (Persero).

Achmad menyampaikan, pada perjanjian ini belum dihitung secara keseluruhan berapa jumlah yang akan dijamin oleh Jamsyar. Namun, pihaknya menargetkan sebanyak 50 persen dari omzet Semen Padang yakni Rp 5,6 triliun yang akan diberikan penjaminan.

“Kami targetkan Rp 2,5 triliun, sekitar hampir 50 persen dari omzet. Untuk ukuran anak usaha sudah besar,” ujar Achmad saat konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (6/9).

Achmad menjelaskan, dengan skema penjaminan atau akad kafalah ini, Jamsyar akan menjamin para distributor semen saat akan mengambil semen yang akan didistribusikan. Hal ini sangat menguntungkan bagi PT Penjaminan Jamkrindo Syariah mengingat banyaknya proyek-proyek infrastruktur pemerintah yang membutuhkan semen.

“Selain dengan Semen Padang, PT Penjaminan Jamkrindo Syariah juga akan menjajaki kerjasama dengan perusahaan semen lainnya dalam grup PT Semen Indonesia (Persero),” pungkas Achmad.

 

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment