Pasar Modal Syariah
2234 views

Project Based Sukuk (Mengenal Jenis-Jenis Sukuk Negara Bagian 3)

by on 29/02/2016
 
Ilustrasi infrastruktur. Foto: financialexpress.com, diolah.

Ilustrasi infrastruktur. Foto: financialexpress.com, diolah.

Project Based Sukuk (PBS) adalah salah satu jenis Sukuk Negara yang sering sekali dikeluarkan oleh Pemerintah R.I. pada setiap tahunnya. Apakah project based sukuk tersebut? Dan bagaimanakah mekanismenya?

Sukuk Negara seri PBS merupakan Sukuk Negara yang diterbitkan dalam rangka pembiayaan proyek, dalam denominasi rupiah di pasar perdana dalam negeri, dengan tingkat imbalan tetap, serta dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Pemerintah sendiri dalam membiayai pembangunan proyek, mengembangkan instrumen Sukuk Negara yang dapat diterbitkan dalam rangka pembiayaan proyek. Hal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk turut serta berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur. Nah, penerbitan Sukuk Negara untuk pembiayaan proyek dilakukan melalui Project Based Sukuk.

Project Based Sukuk itu sendiri disusun dengan menggunakan struktur ijarah Asset to be Leased dengan menggunakan underlying asset berupa proyek Pemerintah dalam APBN.

Project Based Sukuk disusun dengan menggunakan struktur ijarah Asset to be Leased Click To Tweet

Dari sisi aspek syariah, penerbitan PBS mengacu kepada Fatwa DSN-MUI No 76/2011 tentang SBSN Ijarah Asset to be Leased. Sedangkan dari sisi legal, pembiayaan proyek melalui penerbitan SBSN diatur antara lain melalui Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2011 tentang Pembiayaan Proyek Melalui Penerbitan SBSN, Peraturan Menteri Keuangan No 113 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pembiayaan Proyek/Kegiatan Melalui Penerbitan SBSN, dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 129 Tahun 2011 tentang Penggunaan Proyek sebagai Dasar Penerbitan Surat Berharga Syariah Negara.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment