Pasar Modal Syariah
563 views

Profil Investor Indonesia Kian Tertata

by on 11/11/2016
 

Total jumlah investor yang tercatat di KSEI sebanyak 858 ribu.

Langkah Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang baru saja resmi ditunjuk Single Investor Identification (SID) generator bagi pemilik surat berharga negara dan surat berharga lainnya yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) dinilai semakin membuat data investor terkonsolidasi. Profil investor di seluruh Indonesia pun menjadi lebih tertata.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas menyampaikan, selama ini untuk memeroleh info kepemilikan surat berharga yang tepat, pihaknya mewajibkan 18 Sub Registry yang telah disetujui BI untuk melakukan pencatatan data investor. Namun, dari laporan tersebut belum terkonsolidasi, sehingga jumlah investor surat berharga kurang akurat dan sulit menampilkan profil investor.

“Data pencatatan kepemilikan surat berharga sebelumnya hanya sampai level peserta, sehingga sulit menampilkan informasi profil masing-masing investor. Oleh karena itu, BI memercayakan konsolidasi data investor kepada KSEI,” katanya di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jumat (11/11).

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida menambahkan, kendati gejolak terus terjadi pihaknya tak pernah berhenti mengembangkan infrastruktur sektor keuangan. Salah satunya berupa konsolidasi data investor surat berharga negara dan surat berharga yang diterbitkan BI di KSEI.

“Saat ini generator SID untuk surat berharga negara dan surat berharga yang diterbitkan BI sudah dikeluarkan dan diharapkan bisa terlaksana lancar. Dengan diterapkannya SID bagi surat berharga negara dan surat berharga yang diterbitkan BI ini akan memeroleh manfaat maksimal bagi investor maupun lembaga pengawas,” cetusnya.

Ia melanjutkan, hanya dengan infrastruktur lengkap, terpercaya, reliable dan terus disempurnakan, maka kepercayaan investor bisa terbangun dengan baik. “Infrastruktur pada dasarnya dibuat untuk meningkatkan kemudahan layanan dan kepercayaan investor, karena kepercayaan tinggi dari investor itu membuat market lebih stabil,” tandas Nurhaida.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment