Knowledge Base
527 views 0 comments

Prinsip-Prinsip Syariah di Pasar Modal Syariah

by on 26/07/2017
 

Pasar modal secara umum merupakan tempat bertemu para penjual modal atau dana dan pemberi modal. Secara resmi pasar modal syariah sudah menjadi program yang legal dilakukan di Indonesia pada tahun 2003, namun untuk instrumen pasar modal syariah sendiri sudah ada sejak 1997.

Apa yang anda ketahui tentang syariah ? bagaimana ekonomi dan bisnis syariah dapat berjalan di Indonesia ? apakah anda salah satu yang menggunakan sistem syariah ?Apakah anda mengetahui Bisnis berbasis syariah sekarang ini sudah merajalela di Indonesia. Dianggap sebagai bisnis yang aman dan juga sesuai dengan ketentuan atau syariat Islam.

Dimana Indonesia memang menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Sehingga syariah tentu bisa diterima dengan mudah, baik ditinjau dari sisi prinsip, akuntansi, cara transaksi dan hal lainnya. Pasar modal syariah merupakan wadah atau pasar yang berfungsi untuk memperjualbelikan berbagai instrumen keuangan (sekuritas) berbagai waktu baik jangka panjang maupun meengah dan pendek, yang bisa digunakan dalam bentuk utang maupun modal sendiri.Semua ini dapat diterbitkan oleh perusahaan swasta. Pasar modal syariah menjadikan transaksi pasar modal haruslah berbasis syariah atau berbasis prinsip Islam.

di pasar modal syariah tersebut para pemilik modal atau biasa disebut supplier of fund dengan para pengguna dana atau disebut user of fund. Jika dilihat memang syariah dan konvensional untuk pasar modal tidaklah jauh berbeda. Hanya saja yang membedakan tentunya pedoman aturan yang digunakan haruslah berbasis syariah.

Prinsip- prinsip syariah di pasar modal adalah prinsip-prinsip hukum Islam #PasarModalSyariah Click To Tweet

Maksud prinsip- prinsip syariah di pasar modal adalah prinsip-prinsip hukum Islam dalam kegiatan di bidang modal berdasarkan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), baik fatwa DSN -MUI yang telah ditetapkan, maupun fatwa DSN-MUI yang belum ditetapkan dalam peraturan Bapepam dan LK. Pada BAB II pasal 2 Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 40/DSN-MUI/X/2003 Tentang Pasar Modal dan Pedoman Umum Penerapan Prinsip Syariah di Bidang Pasar Modal berbunyi:

1) Pasar Modal beserta seluruh mekanisme kegiatannya terutama mengenai Emiten, jenis efek yang diperdagangkan dan mekanisme perdagangannya dipandang telah sesuai dengan Syariah apabila telahmemenuhi prinsip-prinsip Syariah.

2) Suatu efek dipandang telah memenuhi Prinsip-prinsip Syariah apabila telah memperoleh Pernyataan Kesesuaian Syariah.

Kegiatan pembiayaan dan investasi di pasar modal pada prinsipnya adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemilik harta (shabibul maal) terhadap emiten (pemilik usaha), dimana pemilik harta berharap memperoleh keuntungan atau manfaat tertentu. Pada dasarnya kegiatan investasi di pasar modal sama seperti investasi lain, yaitu mengutamakan kehalalan dan keadilan. Namun secara garis besar, prinsip-prinsip tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

1) Pembiayaan atau investasi hanya bisa dilakukan jika aset atau kegiatan usaha yang dilakukan termasuk usaha halal, spesifik serta bermanfaat. Dengan sesuai syarat maka investasi bisa dilakukan.

2) Dalam pasar modal syariah, uang merupakan pertukaran nilai yang bisa digunakan. Selama pemilik dana atau pemilik modal memberikan investasinya, maka ia akan memperoleh keuntungan dari bagi hasil usaha tersebut dalam bentuk deviden. Hal ini juga mengharuskan pembiayaan dan investasi harus pada mata uang yang sama dengan pembukuan kegiatan.

3) Sesuai prinsip yang pertama, pasar modal syariah mengharuskan adanya akad atau perjanjian yang sangat jelas antara pemilik serta harta dengan emiten yang jelas.

4) Baik pemilik harta ataupun emiten tidak bisa mengambil resiko yang melebihi kemampuan, karena hal ini bisa menimbulkan kerugian yang tinggi baik di satu pihak maupun di kedua belah pihak.

5) Adanya penekanan pada mekanisme yang sangat wajar dan prinsip kehati-hatian terutama pada investor ataupun kepada eminten. Hal ini menghindari adanya salah paham dan hal buruk ketika melakukan transaksi.

Pengen tau lebih lanjut perihal Pasar Modal Syariah yuk mari ikutan di agenda besar kami Investor Gathering Cirebon pada tanggal 12 Agustus 2017 di Hotel Swiss -Belhotel Cirebon cara daftarnya gampang kok dengan melakukan pendaftaran secara Online melalui link berikut ini daftar Investor gathering cirebon

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment