Pasar Modal Syariah
697 views

Periode Investasi Investor Indonesia Lebih Singkat

by on 18/08/2016
 

Investasi jangka pendek diminati mayoritas investor Indonesia.

Dalam Global Investor Study 2016, yang dilakukan oleh Schroders, terungkap periode investasi investor Indonesia lebih singkat dibanding investor Asia dan global. Investor Indonesia memiliki rata-rata periode investasi selama 2,3 tahun, sedangkan investor Asia selama 2,9 tahun dan investor global 3,2 tahun.

Direktur Utama Schroders Indonesia Michael Tjoajadi menuturkan, 39 persen investor Indonesia punya periode investasi yang pendek, yaitu hanya satu tahun. “38 persen investor berinvestasi 1-3 tahun dan 23 persen lebih dari tiga tahun. Yang berinvestasi hanya kurang dari enam bulan sebanyak 15 persen,” ujarnya dalam pemaparan Global Investor Study 2016, Kamis (18/8).

Di lain pihak, kebanyakan investor Asia lebih memilih berinvestasi antara 1-3 tahun (35 persen). Sedangkan, yang berinvestasi sampai dengan satu tahun sebanyak 34 persen dan yang berinvestasi lebih dari tiga tahun ada 30 persen. Dari perspektif global, investor yang berinvestasi 1-3 tahun dan lebih dari tiga tahun mencatat porsi sama yaitu 35 persen. Sementara, yang berinvestasi sampai dengan satu tahun hanya 31 persen.

Menilik dari hasil Global Investor Study 2016, Michael mengutarakan periode investasi investor Indonesia yang lebih pendek menimbulkan tuntutan akan perlunya edukasi investasi jangka panjang. Hal tersebut tak terlepas dari keinginan untuk mentransformasi masyarakat menabung (saving society) menjadi masyarakat yang berinvestasi (investment society).

[bctt tweet=”Schroders: 39% investor Indonesia berinvestasi hanya 1 tahun” username=”acekaes”]

“Namun, selain itu produk yang ditawarkan juga akan mengarah ke hal yang berbeda karena produk untuk investasi jangka pendek dan jangka panjang tentu berbeda. Jadi hasil studi ini juga supaya kami bisa mendesain dan memberikan produk yang tepat kepada nasabah,” jelas Michael.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment