Knowledge Base
278 views 0 comments

Perencanaan Keuangan untuk Persiapan Ibadah Haji

by on 23/05/2017
 

Ibadah haji memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun demikian kalau anda sudah punya niat berhaji, tentu biaya berhaji yang tidak murah itu bisa diupayakan dengan cara mengupayakan perencanaan keuangannya.

Ibarat pepatah ‘Di mana ada kemauan Disitu Pasti Ada Jalan’, maka bagi mereka yang sudah berencana melakukan ibadah ke tanah suci, sebenarnya mereka bisa mulai menyiapkan perencanaan keuangan guna tujuan mulia melaksanakan ibadah hajinya tersebut.

Saat ini banyak cara yang bisa direncanakan untuk mengumpulkan dana yang cukup guna memenuhi persyaratan biaya haji yang saat ini berada di kisaran angka US$ 2.700.

Berikut cara yang bisa anda lakukan:

1. Tabungan Haji. Ini merupakan pilihan yang paling aman. Namun perlu diketahui bahwa return tabungan haji tidaklah besar, sehingga untuk bisa cepat mencukupi biaya haji, perlu menabung dengan agresif.

2. Reksa Dana Syariah Saham. Karena karakteristiknya yang jangka panjang, maka reksadana saham syariah bisa juga menjadi alternatif untuk pencukupan biaya ibadah haji. Setiap tahunnya, return investasi ini terentang antara 25% hingga 30%. Bila ingin mengumpulkan biaya haji ekuivalen US$ 2.700, maka investasi bisa dimulai hanya dengan Rp 300.000. Dalam lima tahun, angka yang ditarget mungkin bisa tercapai. Karena itu, pilihlah reksa dana saham syariah yang berprospek bagus dan juga berkinerja bagus. Telusuri rekam jejak perusahaan reksa dana syariah yang ada. Carilah reksa dana syariah yang sudah berusia minimum dua tahun. Perhatikan pula dinamika kinerjanya, pilihlah yang stabil dan tidak terlalu fluktuatif.

3. Rutin Membeli Emas. Untuk menyasar angka biaya haji senilai US$ 2.700, maka anda cukup membeli emas sebesar 1 gram per bulan selama sekitar lima tahun. Namun pilihan membeli emas secara rutin ini memiliki kendala dalam hal penyimpanan.

Pilihlah, perencanaan keuangan haji yang anda anggap nyaman, dan sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Kalau anda yakin, niscaya anda akan benar-benar bisa berangkat haji dalam beberapa tahun ke depan ini!

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment