Knowledge Base
635 views 0 comments

Perencanaan Keuangan Keluarga Bisa Dengan Gadai Emas Syariah!

by on 27/04/2017
 

Tindakan gadai emas syariah sebenarnya tak harus selalu identik dengan kebutuhan pembiayaan mendesak saja. Karena gadai emas syariah ini sebenarnya dapat pula dimanfaatkan sebagai salah satu sarana perencanaan keuangan keluarga.

Menurut praktisi perencanaan keuangan syariah – Mike Rini, gadai emas syariah dapat diplot untuk perencanaan keuangan keluarga, tidak hanya untuk mengatasi kebutuhan-kebutuhan mendesak, namun juga bisa untuk kebutuhan-kebutuhan yang produktif.

Bagaimanakah caranya? Jelas Mike Rini, pada saat terjadi kebutuhan yang mendadak dan darurat, suatu keluarga mempunyai pilihan untuk menggunakan dana daruratnya dan atau menggunakan asset emasnya untuk digadaikan dalam jangka waktu tertentu.

Waktu pemilihan penggunaan dana darurat ataupun gadai emas, bergantung pada faktor, apakah dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan ini bersifat dapat kembali lagi? Atau tidak? Menurut Mike Rini, untuk kebutuhan yang memang tidak ada kemungkinan adanya money recovery kembali, maka pergunakanlah dana darurat. Tetapi apabila kebutuhan ini hanya bersifat bridging money atau dana antara, maka untuk memenuhi mismatch sementara yang nantinya akan dilunasi kembali dalam arus kas keluarga, maka gadai emas syariah dapat dipergunakan.

Selain itu, lanjut Mike Rini, gadai emas syariah juga bisa dipergunakan untuk kebutuhan yang lebih produktif. Karena menurut Mike Rini, gadai emas syariah hendaknya bisa dilihat sebagai suatu fasilitas strategis bagi perencanaan keuangan keluarga.

Pemanfaatan gadai emas syariah secara baik dan tepat, akan membuka akses bagi dana yang cepat, mudah dan murah, yang dapat digunakan untuk tujuan-tujuan yang produktif, misalnya untuk memperbesar skala usaha, daripada sekedar pemanfaatan untuk tujuan konsumtif, lanjut Mike Rini.

Lalu caranya bagaimana? Pertama matangkan dahulu rencana penggunaan dana hasil gadai emas anda untuk hal-hal yang produktif, misalnya, untuk membuka usaha baru, atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Setelah perencanaannya matang, maka anda tinggal menggadaikan emas anda ke lembaga-lembaga keuangan syariah yang menyediakan jasa gadai emas syariah, seperti bank-bank syariah, atau lembaga pegadaian.

Rencanakan dengan hati-hati jika mau menggunakan uang hasil gadai emas! Click To Tweet

Jadi, tinggal kecermatan dari masing-masing keluarga untuk bisa memanfaatkan aset emasnya agar bisa lebih bermanfaat secara produktif, ketimbang aset emas tersebut hanya teronggok atau tersimpan begitu saja di lemari rumah, atau di safe deposit bank.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment