Knowledge Base
445 views 0 comments

Pentingnya Dana Darurat & Jumlah Ideal Alokasi Dana Darurat

by on 29/08/2017
 

Mengelola keuangan dengan tepat seringkali menjadi “cita-cita” bagi banyak orang.

Secara khusus, hal ini bahkan kerap diatur dalam sebuah perencanaan yang sangat rumit, atau bahkan sulit untuk dijalankan. Kebanyakan orang menyadari bahwa betapa pentingnya mengatur keuangan dengan baik, namun melakukan hal ini tentu tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Salah satu hal terpenting ketika mengatur keuangan adalah memikirkan kebutuhan untuk masa depan. Kenapa masa depan? Karena di masa yang akan datang kita tidak pernah tahu apa dan bagaimana masalah yang akan dihadapi.

Jumlah Ideal Alokasi Dana Darurat #PerencanaanKeuanganSyariah #ACKS #PasarModalSyariah Click To Tweet

Masalah ini biasanya berkaitan dengan soal kesehatan, pendidikan, dan jaminan hari tua. Jika kita tidak memiliki dana lain yang kita simpan untuk masa depan dan hanya memikirkan masa sekarang, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang kita bisa terlilit masalah keuangan yang pelik dan rumit.

Hal ini bahkan dapat mempengaruhi kualitas kehidupan kita secara keseluruhan dimasa depan kelak. Sebenarnya jika dilakukan dengan konsisten, mengatur keuangan dengan baik dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan simpel, yakni dengan mengatur berbagai prioritas di dalam keuangan itu sendiri.

Pengaturan keuangan ini pada akhirnya bertujuan untuk memiliki suatu anggaran positif dengan tingkat cicilan hutang yang terkontrol serta alokasi investasi dan tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan di masa depan. Setelah itu, hal yang patut jangan DI LUPAKAN yaitu PENGALOKASIAN DANA DARURAT.

Mengapa kita perlu mengalokasikan dana darurat dalam perencanaan keuangan keluarga kita guys Karena seringkali kita tidak memiliki dana khusus untuk keadaan darurat dan yang paling ngenes lagi pengahsilan bulanan yang kita miliki biasanya tersimpan di tabungan yang menjadi satu rekening gaji, belanja dan investasi sekaligus, tidak kita pisahkan.

Apa sih yang dimaksud dengan Dana Darurat ?

Makna Dana Darurat Secara Umum

Sesuai namanya, Dana Darurat adalah suatu dana terpisah yang khusus disiapkan untuk menghadapi keadaan darurat, seperti terjadinya PHK, kebutuhan biaya karena sakit, biaya untuk kecelakaan di jalan, biaya saat tejadi kedukaan dalam keluarga, dan lain-lain.

Makna dana darurat dari Businessdictionary.com

Money which is set aside for an emergency situation, such as unexpected unemployment or injury, or a natural disaster which destroys one’s home and belongings. Having an emergency fund should be part of any individual or family’s disaster plan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari dana darurat:

  • Dana darurat harus dipisahkan dari rekening, instrumen investasi ataupun tabungan jangka pendek yang dimaksudkan untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka pendek.
  • Dana darurat harus mudah diambil kapan saja dan dimana saja. Untuk itu rekening tabungan merupakan pilihan terbaik. Saat ini dengan adanya ATM Bersama dan ATM Prima, cukup pastikan bahwa tabungan yang digunakan tergabung dalam salah satu ataupun kedua jaringan ATM tersebut.
  • Dana darurat harus likuid dan dapat dicairkan saat dibutuhkan. Lagi-lagi untuk kriteria ini tabungan ber-ATM adalah pilihannya. Instrumen lain seperti deposito, RDPU dan LM bisa saja jadi pelengkap dengan pertimbangan bahwa instrumen-instrumen tersebut tidak selalu bisa dirubah jadi uang tunai (misalnya saat akhir minggu atau dini hari).
  • Dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang aman, dalam arti memiliki risiko fluktuasi jangka pendek dan risiko default yang rendah.
  • Hasil investasi yang tinggi merupakan hal penting, namun bukan merupakan pertimbangan utama dalam memilih instrumen untuk penyimpanan dana darurat.

Berapa jumlah ideal dana darurat yang harus dipersiapkan masing – masing individu atau keluarga?

Setiap individu atau keluarga memiliki besar dana darurat yang berbeda-beda. Besarnya jumlah dana darurat terletak pada jumlah anggota keluarga dan kondisi keuangan keluarga tersebut. Berikut ini check sheet untuk menghitung kebutuhan dana darurat:

a. Dana Darurat untuk individu yang masih single adalah 3x biaya hidup

b. Dana Darurat untuk individu yang sudah menikah atau berpasangan 6x biaya hidup

c. Dana Darurat untuk individu yang sudah menikah dan memiliki 1 anak/tanggungan 9x biaya Hidup

d. Dana Darurat untuk individu yang sudah menikah dan memiliki 2 anak/tanggungan atau lebih 12x biaya hidup

Gimana sudah makin memahami bahwa betapa pentingnya pengalokasian anggaran dana darurat dalam kehidupan keluarga. Selain berfungsi sebagai dana penyelamat dana darurat merupakan dana penyambung kehidupan rekan-rekan sekalian dimasa pensiun kelak.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment