IKNB Syariah
694 views

Pegadaian Syariah Berencana Terbitkan Sukuk

by on 12/08/2016
 

Pegadaian Syariah mulai mempersiapkan rencana penerbitan sukuk tahun ini.

Bisnis gadai syariah yang terus berkembang menuntut Pegadaian Syariah untuk mencari sumber pendanaan selain perbankan syariah. Salah satu alternatif pendanaan yang dilirik oleh Pegadaian Syariah adalah sukuk. Pihak manajemen Pegadaian Syariah pun kini mulai mempersiapkan diri.

General Manager Divisi Strategic Business Unit Syariah Pegadaian Rully Yusuf mengatakan, pendanaan Pegadaian Syariah hingga saat ini sebagian besar masih dari perbankan syariah. “Namun, nanti mudah-mudahan kami ada rencana untuk menerbitkan sukuk,” katanya kepada AkuCintaKeuanganSyariah, beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, pertumbuhan pembiayaan Pegadaian Syariah yang terus bertumbuh kembang, sementara di perbankan syariah ada keterbatasan karena terbentur batas maksimum pemberian kredit dan hal lainnya membuat pihaknya mencari alternatif pendanaan lain. “Maka, kami perlu mencari dari obligasi syariah (sukuk),” cetus Rully.

Rully mengungkapkan, rencananya tahun ini Pegadaian Syariah akan masuk dalam masa persiapan penerbitan. “Untuk berapa jumlah penerbitannya belum (ditetapkan). Mudah-mudahan mendekati akhir tahun sudah ada kebijakannya akan seperti apa,” ujarnya.

Juni 2016, outstanding pembiayaan @Pegadaian Syariah Rp 3,7 - Rp 3,8 T Click To Tweet

Per Juni 2016, outstanding pembiayaan Pegadaian Syariah antara Rp 3,7 triliun-Rp 3,8 triliun. Bisnis gadai syariah mencatat porsi Rp 3,3 triliun, sedangkan mikro fidusia hampir Rp 400 miliar. Pegadaian Syariah menargetkan pembiayaan mencapai Rp 4,1 triliun hingga akhir tahun ini.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment