Pasar Modal Syariah
678 views

Pasar Modal Syariah, Indonesia Harus Kejar Singapura

by on 10/05/2016
 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pasar modal syariah Indonesia bisa mengalahkan Singapura dan Malaysia. Edukasi dan sosialiasi pun harus lebih ditingkatkan untuk mewujudkannya.

Koordinator Sosial Media Indo Premier Securities Riri Sulinantri menilai  perkembangan pasar modal syariah  Indonesia sampai saat ini terus mengalami peningkatan, meskipun jumlah investornya masih kecil dibandingkan konvensional.

Rini pun mengakui bahwa secara umum pasar modal syariah Indonesia masih kalah dibandingkan negara-negara tetangga di regional seperti Singapura dan Malaysia.  ”Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan kita harus lari seperti negara tetangga. Dan, saya optimis Indonesia bisa kalahkan Singapura dan Malaysia, bahkan Indonesia jadi kiblat pasar modal syariah dunia,”  kata Riri saat ditemui AkuCintaKeuanganSyariah di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Untuk mewujudkan itu, lanjut dia, OJK  terus mengadakan roadshow ke kota-kota di seluruh Indonesia, kerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Bursa Efek Indonesia (BEI). Semua ditargetkan memang benar-benar harus lari, tentu dengan edukasi dan sosialisasi pasar modal syariah agar hal tersebut bisa tercapai.

Riri berharap dengan edukasi dan sosialisai masyarakat semakin paham pasar modal syariah, sehingga investornya naik dan produknya semakin berkembang. Dengan begitu, tujuan pendalaman pasar modal bisa tercapai. ”Sudah ada produk investasi  pasar modal syariah Rp 100 ribu, ini terjangkau bagi ibu rumah tangga dan mahasiswa,” ujar Riri.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pertumbuhan pasar modal syariah Indonesia sudah mencapai 12-15 persen setiap tahunnya. Dari 581 emiten saham, 336 diantaranya adalah emiten syariah. Pertumbuhan emiten syariah ini, membuktikan bahwa kesadaran masyarakat semakin meningkat untuk investasi di instrumen berbasis syariah. Selain memberikan return yang lebih bagus juga lebih berkah bagi kemaslahatan umat.

Investasi di #PasarModalSyariah juga bisa dengan uang Rp 100 ribu Click To Tweet

Yang terpenting, lanjut dia, untuk lebih meningkatkan lagi minat masyarakat, edukasi dan sosialiasi harus lebih ditingkatkan. Tujuannya agar masyarakat lebih mengenal dan mengerti akan pasar modal syariah. Sehingga jumlah investornya diharapkan akan lebih meningkat bisa mengalahkan negara tetangga.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment