Pasar Modal Syariah
722 views

OJK Siapkan Aturan Manajer Investasi Syariah

by on 20/07/2016
 

Dalam Roadmap Pasar Modal Syariah, regulasi mengenai manajer investasi syariah ditargetkan selesai pada 2016.

Dalam rangka memperkuat peran pelaku pasar di pasar modal syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan rancangan peraturan tentang penerapan prinsip syariah pada manajer investasi. Kini rancangan peraturan tersebut terpampang di laman resmi OJK untuk dimintai tanggapan publik hingga 1 Agustus 2016.

Deputi Direktur Pasar Modal Syariah OJK Muhammad Touriq menuturkan, regulasi tentang manajer investasi syariah adalah peraturan yang memang sedang digarap oleh pihaknya. “Nanti setelah mendapat masukan lalu diajukan ke rapat dewan komisioner,” katanya.

Dalam Roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019, regulasi mengenai manajer investasi syariah ditargetkan selesai tahun ini. Regulasi tersebut menjadi salah satu rencana aksi dari program untuk memperkuat peran pelaku pasar di pasar modal syariah.

Rancangan peraturan itu diantaranya memuat perizinan, persyaratan dan penerapan prinsip syariah pada manajer investasi syariah. Pengelolaan investasi berdasar prinsip syariah di pasar modal dapat dilakukan melalui pembentukan badan hukum Manajer Investasi Syariah atau Unit Pengelolaan Investasi Syariah.

Regulasi untuk manajer investasi syariah ditargetkan selesai tahun ini Click To Tweet

Manajer Investasi Syariah ini pun akan terbagi menjadi dua klasifikasi berdasarkan modal disetor. Klasifikasi I wajib memiliki modal disetor sebesar Rp 10 miliar, sedangkan klasifikasi II minimal modal disetornya sebesar Rp 25 miliar. Berdasarkan klasifikasinya, manajer investasi syariah yang masuk dalam klasifikasi II memiliki fungsi dan cakupan pengelolaan produk yang lebih luas daripada manajer investasi syariah klasifikasi I.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment