Bank Syariah
2607 views

OJK Gandeng Dewan Masjid Indonesia, Gemakan “Serunya Bertransaksi Syariah”

by on 17/04/2017
 

Program edukasi perbankan syariah terus berlanjut. Melalui rangkaian kegiatan Aku Cinta Keuangan Syariah, Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus menebarkan isu “Serunya Bertransaksi Syariah”.

Kali ini melalui program “Workshop Regional Perbankan Syariah untuk Para Dai dan Pengurus Masjid Kota Medan dan Sekitarnya” yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2017. Workshop terselenggara atas kerjasama Departemen Perbankan Syariah OJK dengan Dewan Masjid Indonesia.

Panitia acara ini menyiapkan kuota peserta sebanyak 50 orang peserta. Kuota yang disediakan oleh panitia ini pun langsung habis dengan tingginya animo Pengurus masjid dan ulama yang mendaftar ingin mengikuti workshop ini. Workshop ini diikuti oleh 45 orang perwakilan pengurus masjid dan ulama dari Kota Medan dan sekitarnya serta 5 orang perwakilan dari Dewan Masjid Indonesia Pusat, dengan total peserta sejumlah 50 orang peserta.

Workshop ini dimulai dengan sambutan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia Sumatra Utara – Drs. H. Sotar Nasution, M.H dan dibuka oleh Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK – H. Ahmad Soekro Tratmono, S.E., M.Si.

Acara ini menghadirkan nara sumber yang mumpuni di bidangnya diantaranya Deputi Direktur Pengembangan Produk dan Edukasi Departemen Perbankan Syariah OJK – Dr. H. Setiawan Budi Utomo yang berbicara tentang Arah Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia; Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat – Ir. H. Muhammad Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., Ph.D, yang berbicara mengenai Produk dan jasa Perbankan Syariah; serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) – Drs. H. Imam Addaruquthni yang membawakan materi “Peran Da’i dan Pengurus Masjid dalam Pengembangan Perbankan Syariah”.

Kegiatan “Workshop Regional Perbankan Syariah untuk Da’i dan Pengurus Masjid Kota Medan dan sekitarnya” ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan iB Vaganza di Kota Medan tanggal 7-9 April 2017 yang diresmikan oleh Ketua OJK – Muliaman D.Hadad, PhD dengan didampingi oleh Gubernur Sumatra Utara – Ir. H Tengku Erry Nuradi, MSi.

Kerjasama antara perbankan syariah dengan seluruh stakeholders perlu ditingkatkan Click To Tweet

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Drs. H. Imam Addaruquthni saat menjadi narasumber dalam acara Workshop regional Perbankan Syariah untuk Da’i & Pengurus Masjid kota Medan dan Sekitarnya di Hotel Grand Aston, Kota Medan, Sumatera Utara, 6 April 2107. Foto: dmi.or.id

Kerjasama antara perbankan syariah dengan seluruh stakeholders perlu untuk ditingkatkan, menyusul telah terlampauinya 5% trap asset perbankan syariah pada tahun 2016. Asset perbankan syariah posisi Desember 2016 mencapai Rp 356,5 Trilliun atau tumbuh sebesar 19,78% yoy, sedangkan pembiayaan perbankan syariah mencapai Rp 248,01 Trilliun atau naik 15,74% bila dibandingkan tahun 2015. Namun perbankan syariah masih memiliki tantangan ke depannya, market share perbankan syariah per Desember 2016 masih sebesar 5,33% dari total asset perbankan nasional.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment