IKNB Syariah
668 views

OJK Dorong Lembaga Keuangan Syariah Inovatif dan Kreatif

by on 29/09/2016
 

Industri keuangan syariah didorong untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Perekonomian global kini memasuki era new normal, yakni suatu era ketika perekonomian yang volatile telah menjadi sesuatu yang normal karena pelaku ekonomi sudah terbiasa dengan kondisi perekonomian yang naik turun. Menghadapi hal tersebut, lembaga jasa keuangan syariah pun dituntut untuk dapat beradaptasi atas perubahan yang terjadi.

Wakil Ketua Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Rahmat Waluyanto menuturkan, di era new normal saat ini perekonomian melambat dan konsumen turut mengurangi belanjanya. “Oleh karena itu, industri keuangan syariah harus menyiapkan diri untuk beradaptasi secara tepat untuk tetap bertahan dan terus berkembang dengan baik,” katanya dalam OJK International Conference on Islamic Finance, Kamis (29/9).

Dalam kondisi ini, lanjutnya, OJK akan terus mengembangkan industri keuangan syariah, seperti meningkatkan kemampuan SDM keuangan syariah, mendorong produk keuangan syariah yang inovatif untuk memperdalam pasar, meningkatkan akses ke lembaga keuangan syariah, dan memperbesar konsumen keuangan syariah. “Di masa ini penting untuk kreatif dan inovatif, bisnis model yang kreatif harus dikenalkan di pasar,” ujar Rahmat.

Menurut Rahmat, pembiayaan syariah, sukuk ritel, modal ventura, trust fund dan tipe produk jasa keuangan syariah lainnya perlu dieksplor dan diimplementasikan, sembari tetap memastikan inklusivitas kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan UKM. “Saya percaya mekanisme ini akan meningkatkan akses kepada masyarakat dan meningkatkan inklusif keuangan,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa peluang telah timbul dalam konteks ekonomi halal dan industri keuangan syariah, seperti makanan halal, fashion dan pariwisata syariah. “Peluang ini tiada akhir, banyak ruang bagi industri untuk tumbuh. Di sini OJK bisa berperan penting menghubungkan industri halal dan pelaku bisnis keuangan syariah dan mendorong skema syariah untuk industri ini,” jelas Rahmat.

OJK: perekonomian melambat dan konsumen turut mengurangi belanjanya Click To Tweet

Penyelenggaraan konferensi keuangan internasional dengan tema Revitalizing Islamic Finance in the ‘New Normal’ Era bertujuan memetakan strategi pengembangan keuangan syariah ke depan. Strategi pengembangan keuangan syariah yang tepat diharapkan dapat memitigasi risiko dan tantangan industri serta membantu pemenuhan kebutuhan keuangan syariah dalam mendorong ekspansi, pertumbuhan dan pengembangan keuangan syariah pada era new normal.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment