Bank Syariah
136 views

OJK Dorong Kolaborasi Bank Syariah dan Fintech

by on 22/06/2017
 

Bank syariah masih terhambat dengan infrastruktur dan SDM yang terbatas.

Seiring perkembangan teknologi, kini muncul pula perusahaan teknologi keuangan (fintech) yang menawarkan penyaluran pembiayaan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, industri perbankan syariah pun didorong untuk bisa berkolaborasi dengan perusahaan fintech, sembari di sisi yang lain meningkatkan layanan digitalnya.

Direktur Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan Deden Firman Hendarsyah mengatakan, saat ini perbankan syariah masih menghadapi tantangan terbatasnya infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) dalam penyaluran pembiayaan UMKM. Sementara, jumlah UMKM cukup banyak dan tersebar di berbagai daerah.

“Untuk penyaluran pembiayaan ke UMKM kita kan harus punya infrastruktur dan SDM-nya cukup. Dari kuantitas juga diperlukan cukup banyak karena kan biasanya UMKM tersebar dan kecil-kecil tapi banyak, sehingga tidak mungkin kalau SDM tidak memadai terus bisa melayani UMKM,” katanya saat ditemui pertengahan pekan ini.

Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi dewasa ini hendaknya bank syariah bisa turut memanfaatkan hal tersebut. “Biasanya untuk masuk ke UMKM memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk infrastruktur dan sumber daya manusia. Ke depan dengan adanya teknologi tidak harus ada keberadaan fisik cabang banyak tapi bisa melalui teknologi,” harap Deden.

Saat ini, lanjut Deden, arah pengembangan teknologi perbankan syariah adalah pada layanan digitalisasi perbankan dan layanan bank tanpa kantor. Namun, ke depannya diharapkan ada kolaborasi kerja sama antara bank syariah dan perusahaan fintech. “Perlu bank menjajaki kerja sama dengan perusahaan-perusahaan fintech ini,” tegasnya.

Di awal Mei 2017, perusahaan fintech ALAMI Sharia telah bersinergi dengan tiga lembaga keuangan syariah, yaitu Bank Mega Syariah, BNI Syariah dan Jamkrindo Syariah. Dalam kerja sama tersebut ALAMI Sharia akan berperan sebagai fasilitator nasabah dengan lembaga keuangan syariah.

Melalui kerja sama tersebut, ALAMI Sharia akan membantu dalam credit scoring nasabah UMKM, sehingga bank syariah yang bekerja sama dapat terbantu dalam melakukan analisa pembiayaan nasabah. Di sisi lain, pelaku UMKM pun terbantu untuk dapat mengakses pembiayaan ke beberapa bank syariah.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment