130 views 0 comments

Ngeri Kecanduan Belanja Online

by on 07/09/2017
 

Kecanduan belanja online bisa membawa kebangkrutan. Bagaimana menghindarinya? Cek video ceriwis ini.

Pernah mungkin Kamu merasa ada yang aneh, tidak banyak jalan-jalan tapi uang habis saja. Ternyata karena belanja online. Memang enak belanja online itu, tinggal klak klik klak klik, tidak kepanasan dan kena macet karena harus pergi  ke mal, tidak keluar ongkos pula. Tapi, tidak terasa, uang habis saja. Itu karena kecanduan belanja online.

Biasanya terjadi karena kita tidak cerdas dalam belanja online. Apalagi, jika bayarnya pakai kartu kredit, berasa enak belanjanya, karena tidak keluar uang dari dompet atau tabungan, tapi sebenarnya menyakitkan di akhir bulan, dalam bentuk tagihan.

Nah, bagaimana cara menghindari kecanduan belanja online?

Jangan kebanyakan browsing-browsing! Maksudnya tahanlah diri untuk membeli apa yang dibutuhkan saja. Misalnya mau beli laptop, masuk ke toko online, sudah menemukan laptopnya, lalu melihat barang lainnya, seperti mouse dan modem, terus dibeli semua. Nah, sinilah kesalahannya. Fokus pada apa yang dicari. Untuk yang kita suka tapi belum perlu benar sekarang, bisa dimasukkan ke wishlist.

Bagi yang sudah terlanjur mengklak-klik barang-barang melebihi apa yang benar-benar dicari, strateginya, sebelum checkout bisa menyortir barang-barang itu dahulu. Mana yang benar akan dibeli dan mana yang masukkan saja ke Wishlist. Jadi, wishlist adalah safety belt pertama kita dari kebangkrutan online gegara kecanduan belanja online.

Safety belt berikutnya? Cek video ceriwis ini dari dua ibu-ibu super aktif, Dida Nurhaida SE, Msi dan Fauziah Arsiyanti SE, MM, ChFC. Keduanya adalah perencana keuangan dari Fahima Advisory (http://www.fahimaadvisory.com/who-we-are/)

Dida adalah praktisi pasar modal dalam negeri yang pernah bergabung antara lain di Danareksa Investment Management dan CIMB Principal. Dida juga bergabung di grup Whastapp Pasar Modal Syariah yang dikelola website ini. Fauziah Arsiyanti, adalah perencana keuangan kawakan dengan pengalaman bertahun-tahun sebagai Independent Financial Advisor di First Principal Financial PTE LTD Singapore, Fauziah mempunyai pengalaman yang luas dalam menangani berbagai macam klien dan bidang usaha.

Begini agar selamat dari kebangkrutan online! Click To Tweet

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment