Pasar Modal Syariah
194 views

MNC Sekuritas Jalin Kerjasama Dengan Komunitas MyWay International Bhd Garap Investor Malaysia

by on 11/09/2017
 

Penandatangan perjanjian tersebuh dilakukan oleh Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina dan Managing Director MyWay International Bhd Verolijondo Jamal.

Besarnya potensi pasar modal syariah di Malaysia, membuat PT MNC Sekuritas gencar mengembangkan sayap bisnis ke Negeri Jiran. Indonesia dan Malaysia memang memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia dengan perkembangan industri keuangan syariah yang pesat.

Potensi pasar saham syariah di kedua negara tersebut terbilang besar. Menurut laman resmi PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Indonesia memiliki 335 saham syariah dari 550 saham. Sementara itu, dilansir dari Islamic Finance News pada Juni 2017 lalu, Malaysia jumlah saham syariahnya mencapai 676 dari 901 emiten.

MNC Sekuritas Garap Investor Syariah Di Negeri Jiran#PasarModalSyariah#SahamSyariah Click To Tweet

Keseriusan perusahaan sekuritas di bawah naungan MNC Group tersebut dalam menggarap peluang pasar modal syariah kian menguat, yakni  melalui kerjasama dengan komunitas di Malaysia. MNC Sekuritas bekerjasama dengan MyWay Internacional Bhd, dalam pemasaran perantara dan pedagang efek di Malaysia.

Direktur Utama MNC Sekuritas, Susy Meilina mengatakan, perseroan menjalin kerjasama strategis dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri. Hal ini dilakukan menurutnya, demi perkembangan dan kemajuan industri pasar syaraiah Indonesia.

Sebelumnya, kata Susy, MNC Sekuritas bekersama dengan BIMB Seguritas di Malaysia. “Kini, kami mulai masuk ke komunitas, salah satunya komunitas di Malaysia, yaitu MyWay International Bhd,” ungkap Susy dalam keterangan resmi yang diterima akucintakeuangansyariah.com, Jumat (8/9).

Susy berharap melalui Melalui kerja sama ini, kata dia, masyarakat Indonesia yang bekerja di Malaysia dapat memperoleh informasi mengenai cara investasi dan menabung saham demi masa depan keluarganya di Indonesia. Komunitas ini akan melakukan sosialisasi dan edukasi tentang pasar modal kepada masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

Penandatangan perjanjian tersebuh dilakukan oleh Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina dan Managing Director MyWay International Bhd Verolijondo Jamal.Verolijondo juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Masyarakat Indonesia 1 Malaysia (HIMIS).

Melalui kerjasama ini, MyWay International Bhd akan secara aktif melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai investasi pasar modal syariah kepada masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

Saat ini, kata Susy, MNC Sekuritas juga gencara memasarkan Gerakan Menabung Saham Indonesia (MNC GEMESIN). Gerakan ini mengajak masyarakat untuk menabung saham secara rutin dan berkala, dengan minimal dana Rp 100 ribu per bulan.

Mengingat jumlah umat Muslim di Malaysia juga cukup besar, MNC Sekuritas membidik peluang pasar modal syariah di Malaysia. Sebab, kata Susy, MNC Sekuritas memiliki aplikasi online tranding syariah bernama MNC Trade Syariah.

Susy pun menjelaskan, dari ratusan perusahaan sekuritas di Indonesia, hanya ada 12 sekuritas yang memiliki Sharia Online Tranding System (SOTS) dan telah memperoleh sertifikat dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI).

“Baru-baru ini kami juga baru meresmikan cabang di Aceh. Selain menyasar pasar di luar, kami juga tidak lupa menggarap potensi pasar syariah di dalam negeri,” kata Susy.

Disampaikan Susy, per hari ini, MNC Sekuritas memiliki 10 Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia sehingga total ada 94 point of sales MNC Sekuritas secara nasional.

Dengan terobosan yang menyasar ke berbagai komunitas, tidak heran jumlah nasabah MNC Sekuritas terus bertambah mencapai angka lebih dari 25 ribu nasabah per bulan Agustus 2017. “Per Juli 2017, MNC Sekuritas berada pada peringkat 20 based on value dengan total nilai transaksi Year-to-Date Juli 2017 sebesar Rp 37,7 teriliun,” ujar Susy.

Sebagai informasi, nilai pasar ekuitas syariah global diperkirakan mencapai 12 triliun dolar Amerika Serikat (AS) hingga 2016. Mengacu MSCI World Islamic Index, kapitalisasi pasar ekuitas syariah mencapai 11,7 triliun dolar AS. Sedangkan, Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) memiliki kapitalisasi pasar Rp 3.157 triliun.

 

 

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment