Knowledge Base
275 views 0 comments

Mengenal Lebih Dekat Reksa Dana Syariah ETF

by on 03/07/2017
 

Di reksa dana syariah ETF, kamu bisa memiliki banyak saham hanya dalam satu klik.

Ingin berinvestasi di saham tapi masih ragu untuk memulai? Kamu bisa mencoba investasi di reksa dana syariah saham terlebih dulu, yang minimal 80 persen dana investasinya ditempatkan di instrumen saham syariah. Nah, kalau mau yang agak berbeda, kamu juga bisa mencoba berinvestasi di reksa dana syariah exhange traded fund (ETF) yang mengacu pada suatu indeks saham.

Pada dasarnya ETF adalah reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek dan menggunakan indeks saham sebagai acuan kinerjanya. Di pasar modal syariah Indonesia terdapat dua indeks saham syariah, yaitu Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Jakarta Islamic Index (JII), yang bisa menjadi acuan.

ISSI adalah indeks yang berisi seluruh saham syariah yang termuat dalam Daftar Efek Syariah yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan, sedangkan JII berisikan 30 saham syariah dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar. Sampai saat ini baru ada satu produk reksa dana syariah ETF di Indonesia yaitu Reksa Dana Syariah Premier ETF JII yang ditawarkan oleh Indo Premier Investment Management.

Lalu, apa keunggulan dari reksa dana syariah ETF ini? Dengan berinvestasi di reksa dana syariah ETF, kamu bisa memiliki seluruh saham syariah yang termuat di dalam suatu indeks saham hanya dalam satu klik. Jadi nggak perlu repot-repot memilih saham syariah yang tersedia di pasar. Saham-saham syariah apa saja yang termuat dalam indeks juga akan diinformasikan setiap harinya.

Selain itu, transaksi portofolio produk ETF ini pun terjaga karena daftar portofolio diunggah ke website Bursa Efek Indonesia setiap hari bursa. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui keseluruhan isi portofolio ETF dan meningkatkan akurasi pengelolaan portofolio milik kamu secara keseluruhan. Asyik kan?

Bertransaksi di reksa dana syariah ETF juga mudah dan fleksibel banget, karena kamu bisa berinvestasi riil setiap saat selama jam buka Bursa Efek Indonesia. Dengan demikian, kamu bisa membeli maupun menjual reksa dana syariah ETF selama jam bursa berlangsung sebagaimana layaknya saham. Kamu juga bisa mengecek portofolio indeks saham syariah kapanpun dan dimanapun melalui gadget.

Lalu bagaimana cara membelinya? Reksa dana syariah ETF diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia melalui dua pasar yaitu pasar primer dan sekunder. Untuk pasar primer, kamu bisa membelinya di perusahaan sekuritas. Sementara, untuk pasar sekunder dapat melalui broker.

Oh iya, berinvestasi di reksa dana syariah ETF juga relatif murah, loh. Sebagai contoh Reksa Dana Syariah Premier ETF JII tidak mengenakan biaya pembelian dan penjualan. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya broker saat transaksi di bursa, biaya pengelolaan maksimum 1 persen per tahun dan biaya bank kustodian maksimum 0,20 persen per tahun.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, investasi di reksa dana syariah ETF!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment