IKNB Syariah
643 views

Mengenal Istilah-Istilah Investasi Unit Link Syariah

by on 25/10/2016
 

Kamu tertarik berinvestasi unit link syariah? Kalau ya, silahkan simak istilah-istilah bisnis yang biasa dipakai didalam instrumen investasi satu ini, agar wawasan kamu bertambah, dan tidak blank dalam berinvestasi satu ini.

Berikut beberapa istilah dalam instrumen investasi Unit Link:

Basic Contribution dan Top up

Basic contribution atau kontribusi dasar adalah pembayaran kontribusi yang wajib dibayarkan oleh peserta/nasabah sehubungan dengan kontrak asuransi. Sedangkan top up adalah bagian dari kontribusi yang akan dimasukkan dalam rekening investasi dan diinvestasikan sesuai pilihan instrumen nvestasi syariah yang telah kita pilih.

Sigle contribution

Pada single contribution ini, peserta harus membayar sekali saja dan biasanya lebih banyak untuk tujuan investasi. Besarnya kontribusi tunggal ini biasanya berkisar antara 10 – 12 juta rupiah. Pada single contribution ini ujrah asuransi juga hanya dikenakan disekali diawal dan dana akan diinvestasikan pada instrumen investasi syariah yang telah dipilih oleh peserta.

Regular Contribution

Pada regular contribution peserta membayar kontribusi secara berkala sesuai metode pembayaran yang dipilihnya, misalnya tiap bulan, tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau tahunan. Pada regular contribution ini peserta boleh menentukan komposisi pembayaran kontribusi yang diinginkannya berapa bagian untuk basic contribution dan berapa bagian untuk top up.

Iuran Tabarru’
Iuran tabarru’ adalah bagian dari kontribusi yang dihibahkan oleh peserta untuk menolong peserta lain yang terkena musibah dalam masa asuransi sesuai prinsip ta’awun (saling menolong) dan takaful (saling menanggung). Iuran tabarru’ (di konvensional namanya biaya asuransi/cost of insurance) biasanya dikenakan secara bulanan yang dikurangkan dari nilai account value nasabah. Besarnya iuran tabarru’ ini berbeda – beda tiap peserta sesuai dengan tingkat risikonya dan dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, merokok/tidak merokok, hobi yang ditekuni, riwayat kesehatan, dll.

Riders

Riders atau asuransi tambahan adalah manfaat asuransi diluar asuransi dasar. Asuransi tambahan ini misalnya pertanggungan terhadap penyakit kritis, cacat tetap, payor benefit, waiver of contribution, dll. Tentu saja dengan adanya manfaat tambahan maka kontribusi tabarru’ juga akan meningkat.

Surplus underwriting

Dalam konsep asuransi syariah dimana peserta menolong peserta lain dengan menghibahkan sebagian kontribusi ke dalam dana tabarru’ akan selalu berkaitan dengan surplus/defisit underwriting. Di setiap akhir periode pertanggungan dana tabarru’ akan dihitung dan diketahui apakah terjadi surplus/ defisit. Jika surplus maka sesuai fatwa DSN surplus tersebut dapat seluruhnya dicadangkan, sebagian dicadangkan dan sebagian dibagikan kepada peserta yang memenuhi ketentuan atau dicadangkan, dibagikan kepada peserta, dan dibagi dengan perusahaan. Sebagian besar produk unit link syariah mendistribusikan surplus dengan dicadangkan dan dibagikan kepada peserta dan perusahaan. Pembagian kepada peserta ini akan menambah nilai unit/ nilai investasi peserta. *

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment