IKNB Syariah
609 views

Mengenal 3 produk Keuangan Syariah: Kredit Syariah, Kartu Kredit Syariah, dan Asuransi Syariah

by on 05/10/2015
 

Kita pasti sudah mulai akrab dengan produk-produk tabungan dari bank syariah. Bagaimana, lebih merasa aman dan nyaman kan menabung di bank syariah? Nah, kalau kita ingin meminjam dari bank syariah untuk sebuah keperluan bisa enggak ya? Ada enggak produk kartu kredit syariah untuk menggantikan produk kartu kredit konvensional? Kalau untuk asuransi ada enggak?

Oke, berarti ada beberapa produk keuangan syariah yang masih harus kita kenali dan kita pelajari bareng. Yuk, kita kenali sama-sama. Kredit Syariah Kredit syariah mengacu pada dasar bahwa hutang piutang dalam Islam harus dikembalikan atau diterima dalam jumlah yang sama, tidak boleh lebih besar karena selisihnya mengandung bunga.

Jadi layanan kredit untuk pembelian rumah atau kendaraan atau keperluan lainnya yang ditawarkan oleh bank syariah tidak berdasarkan konsep pinjam-meminjam, tetapi mengambil konsep Al Murabahah atau jual beli. Kalau untuk modal usaha, bisa enggak ya? Tentu bisa. System kredit yang digunakan oleh bank syariah tidak berdasarkan bunga, tetapi merupakan bagi hasil yang didapat nasabah dari usahanya tersebut. Perhitungan tersebut bisa berdasarkan atas pendapatan usaha atau keuntungan usaha.

Cara mana yang digunakan tentu tergantung perjanjian yang disepakati nasabah dan pihak bank. Kartu Kredit Syariah Kartu kredit syariah yang diterbitkan oleh bank syariah jelas berbeda dengan kartu kredit yang diterbitkan bank konvensional. Kartu kredit syariah tidak menggunakan bunga, dan hanya menarik jasa pemakaian kartu biasanya berupa iuran keanggotaan (annual fee) dari si pemegang kartu.

Pembayarannya juga tidak ada batas minimum, jadi harus segera dilunasi segera setelah digunakan, karena tidak ada system cicilan yang menjadi bunga yang dibebankan kepada nasabah pemegang kartu. Asuransi Syariah Menurut Dewan Syariah Nasional, pengertian asuransi syariah (Ta’mim, Takaful, atau Tadhamum) adalah usaha untuk saling melindungi atau tolong menolong diantara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset atau tabarru/ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui sebuah perjanjian yang sesuai dengan syariah. Baca lengkapnya yaaa….

Oleh: Ifa Avianty
URL: https://ifaavianty1.wordpress.com/2015/10/05/mengenal-3-produk-keuangan-syariah-kredit-syariah-kartu-kredit-syariah-dan-asuransi-syariah/

 

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment