Pasar Modal Syariah
1253 views

Memahami Konsep Investasi Islami (Syariah)

by on 22/04/2016
 

Seperti apakah konsep investasi syariah itu? Rambu-rambu apa saja yang perlu diperhatikan dalam investasi model ini?

investasiSaat ini marak ditawarkan ke masyarakat investasi yang Islami (investasi syariah). Berbagai lembaga keuangan berbasiskan syariah banyak yang menawarkan investasi berprinsip syariah ini. Namun demikian, masih banyak diantara kita yang belum paham mengenai konsep dasar dari investasi syariah ini.

Pakar ekonomi syariah – M. Gunawan Yasni dalam bukunya “Brief Thoughts on Islamic Finance” mengungkapkan, konsep investasi Islami adalah didasarkan kepada prinsip moralitas dan keadilan, yaitu sesuai dengan syariah Islam yang bersumber dari Al-Quran dan hadis serta ijma’ para sahabat, tabi’in, tabi’it tabi’in dan ulama-ulama sesudahnya.

“Oleh karena itu, instrumen investasi Islami juga selaras dan memenuhi prinsip-prinsip syariah, yaitu transaksi yang dilakukan para pihak bersifat adil, halal, thayyin dan maslahat. Selain itu, transaksi dalam instrument investasi Islami terbebas dari unsur larangan seperti riba, maysir dan gharar,” jelas Gunawan.

Ditambahkan Gunawan, menurut Al-Quran, hadis dan ijma’ para ulama, Islam mengajarkan bahwa dalam mengelola investasi Islami ini ada beberapa kaidah yang sangat baik untuk dilakukan, yaitu: seimbang antara pendapatan dan pengeluaran, membelanjakan harta untuk kebaikan, mengutamakan pengeluaran untuk hal yang primer, menghindari pembelanjaan untuk barang mewah, menghindari pembelanjaan yang tidak disyariatkan, dan bersikap tengah-tengah dalam pembelanjaan.

“Selain konsep yang diyakini lebih adil tersebut, hal utama yang menjadikan seseorang untuk menerapkan sistem syariah adalah semata-mata untuk menghindar dari praktik riba. Dengan demikian, motivasi untuk menggunakan sistem syariah dalam bidang keuangan ini adalah alasan yang berkait dengan masalah keyakinan, bukan atas dasar manfaat,” demikian M. Gunawan Yasni.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment