Pasar Modal Syariah
1182 views

Memahami Akad Reksa Dana Syariah

by on 18/02/2016
 
Ilustrasi. Foto: Geety Image

Ilustrasi. Foto: Geety Image

Bila anda tertarik berinvestasi keuangan syariah, maka anda diharapkan juga paham betul seluk beluk investasi yang Anda minati tersebut. Kalau anda tertarik berinvestasi reksa dana syariah, maka anda juga harus paham akad-akad syariahnya.

Menurut pakar pasar modal syariah – M. Gunawan Yasni, untuk akad transaksi reksa dana syariah ini, pemilik dana (investor) yang menginginkan investasi sesuai prinsip syariah, akan mengamanatkan dananya dengan akad wakalah kepada manajer investasi sebagai pengelola reksa dana syariah.

“Manajer investasi akan bertindak sebagai wakil yang mengelola dana milik bersama dari para investor,” jelas Gunawan.

Lebih jauh dijelaskan oleh Gunawan, sebagai bukti penyertaan, investor akan mendapat unit penyertaan dari reksa dana syariah.

Setelah itu, lanjut Gunawan, dana kumpulan reksa dana syariah ini akan ditempatkan kembali ke dalam kegiatan emiten (perusahaan lain) melalui pembelian efek syariah.

Pengelola reksa dana syariah berperan sebagai wakil shahibul maal dan emiten berperan sebagai mudharib. Click To Tweet

“Dalam hal ini pengelola reksa dana syariah berperan sebagai wakil shahibul maal dan emiten berperan sebagai mudharib. Oleh karena itu, hubungan seperti ini bisa disebut sebagai ikatan mudharabah bertingkat,” demikian pemaparan Gunawan Yasni mengenai akad reksa dana syariah.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment