Pasar Modal Syariah
666 views

Mau Tahu Cara Agar Bisa Konsumtif Selamanya?

by on 28/04/2017
 

Investasi bisa membawa kamu menuju kebebasan finansial.

Setiap ke mal dan ngeliat ada sale diskon gede-gedean rasanya gatel banget buat belanja nggak, sih? Tapi, kalau lihat isi dompet, yang tersisa tinggal beberapa lembar uang saja, ngenes rasanya. Terus, gimana dong caranya supaya bisa tetap belanja yang kita mau, bahkan ketika sudah nggak produktif bekerja lagi?

Perencana Keuangan Tatadana Consulting Nurfitriavi Noeriman menuturkan, ada masanya ketika keinginan konsumtif berhenti begitu saja. Namun, jika inginnya konsumtif terus, maka harus ada yang disisihkan dari sekarang. Kayak cinta yang kadang butuh pengorbanan, untuk bisa jadi konsumtif selamanya, kamu juga harus berkorban.

“Demi bisa konsumtif selamanya, maka uang harus dibuat produktif, jadi bisa jajan sampai kapanpun. Caranya adalah uang harus diinvestasikan sehingga bisa mengalahkan inflasi. Segera berinvestasi sekarang, jangan ditunda. Karena kalau nunggu besok-besok, nggak akan jadi-jadi,” tegasnya.

Dengan berinvestasi, maka dapat membawa kita menuju kebebasan finansial. “Maksudnya kebebasan finansial adalah bahwa kita bekerja atau tidak, uang sudah bekerja untuk kita. Banyak pakar saham yang duduk saja di rumah, dia melakukan trading, kerja santai, tapi pada dasarnya uangnya bekerja untuk dia,” tambah Mba Nurfitriavi.

Namun, kalau kamu masih suka deg-degan untuk langsung berinvestasi di saham, kamu bisa memulai dulu dengan mencoba berinvestasi di reksa dana saham. Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp 100 ribu. “Coba saja dulu (investasi di reksa dana saham). Kalau sudah coba pasti ketagihan,” katanya.

Saat memilih untuk berinvestasi, kamu juga harus mempelajari dulu instrumen investasinya, ya. Setiap investasi pasti ada risiko. Begitu pula di reksa dana berbasis saham, yang kadangkala nilainya naik turun. Kalau itu terjadi, Mba Nurfitriavi mengimbau agar jangan panik. “Memang ada naik turunnya, tapi kita tidak boleh gampang panik karena kita kan sudah tahu untuk tujuan apa investasinya dan dananya mau dipakai,” tegas wanita berhijab ini.

Demi bisa konsumtif selamanya, maka uang harus dibuat produktif! Click To Tweet

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment