Pasar Modal Syariah
2179 views

Mau Jadi Ahli Syariah Pasar Modal? Ikut Tes Penempatan Dulu…

by on 09/09/2016
 

Tes penempatan ahli syariah pasar modal digelar mulai Senin sampai Kamis.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan kehadiran Ahli Syariah Pasar Modal di industri pasar modal syariah, guna memastikan kesyariahan atas produk syariah. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) bersama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) pun membuka kelas Ahli Syariah Pasar Modal untuk memenuhi kebutuhan industri.

Namun, sebelum dapat mengikuti kelas tersebut akan ada tes penempatan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman calon peserta tentang pasar modal dan prinsip syariah. Dilansir dari laman TICMI, Jumat (9/9), TICMI pun menggelar tes penempatan pada Senin sampai dengan Kamis setiap minggunya pada pukul 10.00 WIB. Biaya tes penempatan sebesar Rp 200 ribu.

Untuk mengikuti tes penempatan tersebut, calon peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan sebagai berikut: (1) Berusia minimal 18 Tahun, (2) Berpendidikan paling rendah lulusan S1, (3) Mendaftar online dan membayar biaya placement test sebesar Rp 200 ribu, (4) Peserta diwajibkan mendaftar online di website ticmi.co.id, (5) Melakukan konfirmasi pembayaran melalui menu konfirmasi pembayaran di website TICMI, (6) Melakukan pendaftaran, pembayaran dan menyerahkan fotokopi KTP dan fotokopi ijazah terakhir ke kantor admisi TICMI.

Setidaknya akan ada 100 soal yang harus dijawab calon peserta ahli syariah pasar modal. Soal-soal tersebut terdiri dari 60 soal tentang pasar modal syariah dan 40 soal tentang pasar modal konvensional (pengetahuan dasar keahlian Wakil Manajer Investasi, Wakil Perantara Pedagang Efek dan Wakil Penjamin Emisi Efek).

Biaya tes penempatan Ahli Syariah Pasar Modal hanya Rp 200 ribu Click To Tweet

Untuk materi soal tentang pasar modal syariah akan mencakup 10 tema, yaitu Pengantar Ekonomi Syariah, Ushul Fiqih, Qawaid Fiqhiyah, Fiqih Muammalah, Akad Syariah, Fatwa DSN MUI, dasar-dasar pasar modal syariah, produk pasar modal syariah, akuntansi syariah, dan regulasi pasar modal syariah. Kelas ahli syariah pasar modal syariah akan dibuka ketika sudah memenuhi kuota minimal 10 peserta.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment