9120 views 0 comments

Mau Ikut “Yuk Nabung Saham”? Begini Panduannya!

by on 24/10/2016
 

Saat ini sedang menjadi tren di kalangan kaum muda di tanah air untuk berinvestasi saham di pasar modal. Bursa Efek Indonesia turut memfasilitasi gaungnya dengan meng-create kampanye “Yuk Nabung Saham”. Seperti apakah program “Yuk Nabung Saham” tersebut? Dan bagaimanakah tata caranya?

Menurut Kepala Divisi Pengembangan Investor Bursa Efek Indonesia – Irmawati Amran, saat acara Pameran Investment Festival (Investival) 2016 di Mal Taman Anggrek Jakarta (21/10/2016), “Yuk Nabung Saham” merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin dan berkala.

“Kampanye ini dimaksudkan agar merubah kebiasaan masyarakat Indonesia dari kebiasaan menabung menjadi berinvestasi, sehingga masyarakat Indonesia mulai bergerak dari saving society menjadi investing society,” jelas Irmawati.

Lebih lanjut dijelaskan Irmawati, pihak BEI merekomendasi “Yuk Nabung Saham” ini ke masyarakat, dikarenakan saham adalah salah satu instrument investasi yang memiliki return cukup tinggi, namun kini investasi ini sudah bisa diakses dengan harga yang terjangkau.

“Investasi saham di pasar modal sangat menguntungkan. Sebagai investasi jangka panjang, return dari berinvestasi saham bisa mencapai 40% selama 10 tahun. Dengan investasi awal hanya minimal Rp 100.000 untuk membuka rekening dana nasabah, maka investor selanjutnya sudah bisa memilih saham yang akan dibeli dengan minimal pembelian 1 lot atau 100 lembar saham. Menabung saham semakin mudah dan menyenangkan,” lanjut Irmawati.

Namun bagaimanakah tata caranya mengikuti program “Yuk, Nabung Saham” ini? Menurut Irmawati, tata caranya relatif mudah saja. Kamu tinggal melakukan tindakan, “Mulai Nabung Saham”.

Saat “Mulai Nabung Saham” ini, pertama-tama kamu membuka rekening efek. Dokumen yang dibutuhkan untuk membuka rekening efek ini tidak lah njlimet. Cukup dengan menyertakan fotokopi KTP, fotokopi NPWP (jika tidak ada, harap melampirkan NPWP orang tua atau suami), fotokopi halaman depan buku tabungan, serta materai 6 ribu minimal 2 buah.

Caranya, simpel, mulai #YukNabungSaham aja! Click To Tweet

Kemudian setelah membuka rekening efek, kamu tentukan sendiri nominal dana yang disisihkan untuk nabung saham. Berikutnya, kamu harus menentukan saham mana yang akan ditabung. Selanjutnya, kamu tinggal setor dana secara rutin setiap periode. Kemudian, kamu tinggal beli saham secara rutin tiap periode. Dengan begitu, maka kamu sudah resmi melakukan tindakan “Mulai Nabung Saham”!

Nah, bila kamu masih kurang jelas, kamu bisa membuka laman http://yuknabungsaham.idx.co.id/

Yuk, mari kita mulai menabung saham!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment