Pasar Modal Syariah
217 views

Mari Mengenal Resistance dan Support Dalam Analisa Teknikal

by on 03/10/2017
 

Ketika membaca atau mendengar ulasan tentang pergerakan harga saham, istilah resistance dan support pasti akan berkali-kali muncul. Buat awam atau pedagang saham pemula, istilah tersebut bisa membingungkan.

Alih-alih mengerti, istilah resistance dan support malah menjadi penghambat untuk memahami isi ulasan tersebut. Padahal sejatinya, titik resistance dan support adalah alat bantu analisa teknikal untuk memutuskan apakah menjual atau membeli saham, bila tak ingin dipusingkan dengan grafik dan alat analisa lain yang lebih rumit.

Dengan hanya menggunakan metode ini sebenarnya kamu sudah bisa menentukan cara handal dalam trading saham. Hal tersebut dipergunakan untuk menunjang keputusan kita dalam bertransaksi saham. Suatu harga saham akan bergerak pada range suport & resisten, dimana suport menjadi batas bawah dan resisten menjadi batas atasnya.

Pengertian Support

Support adalah garis pada grafik pergerakan harga saham ditampilkan sebagai garis lurus horisontal atau agak miring yang menunjukkan batas harga saham ketika tidak bisa turun lebih rendah lagi. Support dapat juga diartikan sebagai batas bawah harga saham yang tidak dapat ditembus para trader dalam periode tertentu. Garis support kerap digunakan para pedagang saham untuk mulai membeli saham-saham yang sudah menyentuh garis tersebut. Keputusan untuk masuk dan membeli saham tersebut, dengan anggapan apabila harga saham menyentuh atau mendekati harga support maka diperkirakan pada level tersebut akan ada dukungan harga sehingga harga cenderung akan memantul kembali keatas.

Kapan harga saham bisa menembus Support ?

Pada saat harga saham mendekati support, maka saat itulah waktu yang tepat bagi para investor saham untuk membeli saham tersebut dan mendapatkan harga terbaik.Akan tetapi sebelum harga memantul keatas maka akan terjadi uji Level suport apabila mengalami penurunan harga kembali dan melewati harga patokan support  maka sang investor ataupun trader akan cenderung memantau terlebih dahulu pergerakan harga saham tersebut dikarenakan hal ini dinamakan dengan keadaan dimana posisi harga saham mengalami BREAKDOWN.

Breakdown merupakan suatu indikasi bahwa kita sebagai investor harus berhati – hati karena harga cenderung akan melanjutkan penurunannya sampai ke level support selanjutnya.

Pengertian Resistance

Resistance adalah garis mendatar atau agak miring pada grafik pergerakan harga saham yang umumnya menjadi acuan para pembeli untuk tidak membeli saham yang harganya sudah hampir menyentuh garis resistance. Siapa mau membeli saham saat sudah mencapai harga termahalnya, dan para pemegang saham mulai menjual untuk ambil untung sehingga harga saham tertekan turun?

Mengapa harga saham bisa tertekan dan kemudian dilanjutkan adanya penurunan harga dikarenakan pada saat harga naik dan menyentuh level resisten biasanya akan terjadi tahanan sehingga kenaikan hargapun cenderung terhenti dan stagnan di angka resistance tersebut  dan awal mulai kembali memantul kebawah. Level resisten sangat cocok untuk dijadikan target jualan saham yang sudah kita miliki.

Kapan harga saham bisa menembus resistance ?

Kenaikan harga akan mengalami kesulitan untuk bisa menembus Level resisten, namun apabila terjadi adanya peningkatan yang melewati target harga resistance tersebut maka hal tersebut merupakan signal yang bagus dimana memungkinkan  harga akan merangkak naik dan membentuk level resisten yang baru. Kejadian ini biasanya disebut break out

Break out merupakan suatu indikasi market bahwa terjadi sesuatu yang bagus terhadap saham tersebut, dan harga cenderung akan melanjutkan kenaikannya menuju level resisten selanjutnya.Dimana telah terjadi dinamika pasar terutama bila ada informasi penting terkait dengan saham tersebut yang mengubah supply dan demand saham tersebut. Sebagian besar pemain saham akan menandai kondisi tersebut sebagai sinyal untuk kembali melakukan pembelian, karena ada kecenderungan harga akan terus naik hingga mencapai titik resistance yang baru.

Cara Membuat Garis Support & resistance

Kamu bisa dengan mudah mengetahui level support ataupun resistance suatu saham hanya dengan menarik garis pada chart selama periode tertentu.Baik itu Cara membuat garis support ataupun resistance dengan menggabungkan titik terendah ke titik terendah selanjutnya ( untuk titik Support) sedangkan resistance menggabungkan garis dari titik tertinggi ke titik tertinggi selanjutnya. Kepanjangan dari garis ini akan menjadi level resisten yang akan menahan pergerakan harga saham didalamnya. Setelah itu, kepanjangan dari garis tersebut akan menjadi level support ataupun resistance yang akan menopang pergerakan harga saham periode selanjutnya.

Bagi rekan yang Masih bingung apa itu pasar modal syariah? Pengen investasi tapi bingung tidak tahu bagaimana caranya? Jangan bingung, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menggelar Kopi Darat plus Seminar Investasi Syariah yang akan bikin kamu menjadi Generasi Melek Investasi.

Setidaknya ada 4 (Empat) keuntungan langsung yang bakal Kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan ini.

1.Langsung Berinvestasi

Ya, dengan mengikuti event ini, uang yang kamu bayarkan langsung bisa diinvestasikan ke Reksa Dana atau Saham Syariah pilihan Kamu sendiri.

2.Materi Pasar Modal Syariah

Materi Pasar Modal secara umum dan Pasar Modal Syariah secara khusus. Cara dan tips berinvestasi di reksa dana dan saham syariah

3.Networking

Bersilaturahim dengan peminat investasi syariah lainnya. Baik, pemula maupun yang sudah pengalaman & Tentu saja, makan bersama, gratis plus snack. Juga aneka souvenir dari para pendukung acara.

4.Gabung di Grup

Otomatis bergabung di grup Whatsapp Pasar Modal Syariah 05 dan mendapatkan update seputar keuangan syariah setiap hari.

Cara Pendaftaran???

Silahkan klik link tsb, dan ikuti prosedurnya… mudah sekali… selamat mencoba!!!…☺☺☺

YUK KE BOGOR!

Pada 28 Oktober 2017 ini untuk mengikuti
Kopi Darat Grup Pasar Modal Syariah dan Seminar Investasi Syariah.
Yang tinggal di Bogor, yuk merapat!

http://akucintakeuangansyariah.com/pages/seminar-investasi-syariah-bogor/

Akhir kata selamat mencoba, dan terus gali ilmu perdagangan saham untuk dapat meraih capital gain yang lebih besar lagi. Salam persaudaraan muslim dari kami komunitas aku cinta keuangan syariah.

Sukses selalu ya……

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment