Knowledge Base
435 views 0 comments

Manfaatkan Emas Sebagai Sarana Perencanaan Keuangan Keluarga

by on 18/05/2017
 

Emas ternyata bisa menjadi sarana perencanaan keuangan keluarga. Bagaimanakah caranya?

Di Indonesia, sudah menjadi kebiasaan bagi sebuah keluarga untuk menyimpan emas. Tradisi ini sudah berlangsung lama di berbagai daerah, bahkan terus menjadi kebiasaan yang turun menurun, hingga sekarang di era digital.

Sejak jaman dahulu, motivasi seseorang atau sebuah keluarga di berbagai daerah di tanah air untuk memegang instrumen emas, umumnya adalah untuk sebagai tabungan, dan juga sebagai simpanan untuk berjaga-jaga. Simpanan yang dalam keadaan mendesak bisa cepat diuangkan kembali.

Dengan karakteristiknya sebagai logam mulia yang memiliki nilai intrinsik yang melekat di fisiknya, maka instrumen emas sebenarnya bisa juga dimanfaatkan oleh seseorang ataupun keluarga sebagai sarana perencanaan keuangan keluarga.

Karena dengan memegang instrumen emas tersebut, maka sebuah keluarga bisa memanfaatkan emas untuk lima tujuan keuangan.

Pertama, mencapai tujuan keuangan jangka pendek. Emas bisa dimanfaatkan untuk segala kebutuhan yang mendesak, misalnya kebutuhan dana menjelang lebaran, kebutuhan dana darurat pada saat anggota keluarga ada yang sakit, dan kebutuhan darurat lainnya.

Kedua, mencapai tujuan keuangan jangka menengah (2, 3 sampai 5 tahun). Emas bisa dimanfaatkan untuk biaya anak kuliah, atau untuk biaya menikahkan anak, atau juga sebagai biaya untuk membuka usaha atau memperbesar usaha.

Ketiga, mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Emas bisa dimanfaatkan untuk biaya naik haji.

Keempat, emas sebagai sarana mempertahankan nilai kekayaan dengan target pertumbuhan setara inflasi alias hedging. Karena emas akan melindungi nilai harta kekayaan keluarga dari penurunan nilai mata uang/inflasi.

Dan kelima, emas sebagai diversifikasi investasi. Jadi, misalkan seseorang sudah memiliki beberapa investasi, seperti saham, reksadana, juga properti, maka seseorang tersebut juga bisa menambah berinvestasi dengan emas. Dengan menambahkan emas sebagai salah satu instrumen investasi, maka akan mengamankan resiko investasi seseorang dari kerugian/kebangkrutan total, apabila terjadi kegagalan dalam investasi-investasi lainnya.

Karena itu, jangan ragu-ragu anda untuk memiliki logam mulia emas. Karena emas bisa dimanfaatkan juga untuk mengatur perencanaan keuangan anda!

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment