Pasar Modal Syariah
436 views

Lima Tips Memilih Manajer Investasi

by on 16/06/2017
 

Pilih manajer investasi yang tepercaya dan memiliki izin OJK.

Dalam berinvestasi reksa dana syariah, menentukan manajer investasi yang bisa dipercaya untuk mengelola dana kita ternyata juga penting loh. Saat memilih manajer investasi ini jangan sampai asal-asalan ya, karena kamu akan memercayakan dana investasi kamu kepada mereka.

Setelah sudah tahu jenis reksa dana syariah yang mau dipilih, lalu bagaimana menentukan manajer investasi yang oke untuk mengelola dana kita? Berikut kami sampaikan sejumlah tips untuk memilih manajer investasi reksa dana syariah yang oke:

  1. Periksa jejak rekam dan integritas dari manajer investasi

Lihatlah profil dari manajer investasi dan siapa saja pakar-pakar investasi yang bekerja di sana. Kamu bisa melihat pula dari berapa lama manajer investasi tersebut hadir mengelola reksa dana syariah dan kinerjanya dalam mengelola reksa dana syariah. Jika manajer investasi sudah beroperasi minimal 7 tahun dan bisa memberikan return yang bagus, maka ia memiliki jejak rekam yang baik.

Jangan lupa, pastikan manajer investasi juga sudah memeroleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Lebih baik lagi jika manajer investasi pernah mendapat penghargaan dari lembaga yang prestisius, karena itu berarti mereka telah mendapat pengakuan atas kinerja mereka.

  1. Kinerja historis manajer investasi

Dalam berinvestasi reksa dana syariah memerhatikan kinerja historis dari suatu reksa dana menjadi suatu hal yang niscaya. Meski kinerja historis tidak menjamin kinerja di masa yang akan datang, namun kinerja tersebut bisa memberi gambaran kepada investor mengenai keahlian manajer investasi dalam mengelola suatu reksa dana syariah.

Manajer investasi yang oke akan menjaga kinerjanya yang konsisten, sehingga hal itu juga bisa menjadi petunjuk bagi investor mengenai potensi keuntungan yang bisa diperoleh di masa depan. Pilih manajer investasi yang memberikan return yang baik dan tidak terlalu fluktuatif karena hal itu mencerminkan kepiawaian mereka dalam mengelola suatu reksa dana syariah.

  1. Jumlah dana kelolaan dan nasabah yang besar

Semakin besar dana kelolaan manajer investasi, maka biasanya mereka akan menjadi lebih efisien sehingga bisa memberikan banyak keuntungan bagi investor. Begitu pula jika manajer investasi punya jumlah nasabah yang banyak. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka telah dipercaya oleh banyak orang untuk mengelola dana investasi.

  1. Biaya reksa dana syariah yang wajar

Saat berinvestasi di reksa dana syariah akan ada sejumlah biaya yang ditanggung oleh investor, seperti biaya pembelian, penjualan, pengalihan investasi hingga imbal jasa bank kustodian dan manajer investasi. Pengenaan biaya ini bisa berbeda-beda antara satu manajer investasi dengan lainnya.

Biasanya biaya transaksi reksa dana syariah berkisar antara 0,25-2 persen, sementara imbal jasa bank kustodian dan manajer investasi maksimal 2,5 persen per tahun. Pilihlah manajer investasi yang mengenakan biaya yang wajar. Di sisi lain, ada pula manajer investasi yang menggratiskan sejumlah biaya, loh… Dengan begitu, kamu pun bisa lebih berhemat. Asyik, kan?

  1. Punya respon yang cepat dan layanan yang oke

Manajer investasi yang melayani nasabah dengan baik dan merespon cepat dapat menjadi pilihan investor. Kemudahan investasi juga menjadi salah satu nilai plus bagi layanan kepada investor. Oleh karena itu, pilihlah manajer investasi yang memudahkan investor dalam bertransaksi reksa dana syariah.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment