Knowledge Base
350 views 0 comments

Lima Belas kesalahan Klasik investor saham

by on 02/08/2017
 

Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan saat ini. namun dalam investasi saham memiliki tingkat resiko yang cukup besar.

Saham merupakan jenis investasi yang high risk dan high return. Skala perbandingan risiko baik untuk kerugian dan keuntungannya tidak lah jauh berbeda. Selain itu, tendensi turun dan naiknya nilai saham bisa berubah tidak lagi dalam hitungan hari bahkan bisa dalam hitungan jam. (bagi yang belum mengetahui perbedaan karakteristik saham syariah & konvensional silahkan baca artikel berikut ini Perbedaan Karakteristik Saham Syariah & Saham Konvensional)

Sehingga tak sedikit trader yang merugi saat melakukan trading saham. Kesuksesan seorang investor di pasar modal syariah pastinya dipengaruhi oleh banyak hal, akan tetapi seringkali, kegagalan dipicu oleh kesalahan sang investor itu sendiri. Kesalahan yang kecil dalam investasi saham bisa berakibat fatal karena menyebabkan kerugian.

Pelaku di jenis investasi ini ada yang bertipe trader ada yang memang murni investor. Bedanya terletak pada saham yang dia miliki apakah mau dalam jangka panjang atau jangka pendek. Seorang trader cenderung transaksi dalam jangka pendek sedangkan jika disimpan dalam jangka panjang, berarti dia tipe investor.

15 Kesalahan klasik yang sering dilakukan oleh investor #PasarModalSyariah Click To Tweet

Bagi rekan – rekan yang ingin memulai investasi saham, ada baiknya belajar dari kesalahan investor sebelumnya. Berikut Lima Belas kesalahan Klasik investor saham yang bisa menimbulkan kesalahan-kesalahan kecil, dan jika terakumulasi maka akan menjadi penghambat besar bagi kesuksesan Anda di pasar saham yang perlu Anda hindari :

  1. Tidak memahami analisa fundamental
  2. Lebih memilih saham murah namun tidak liquid dan tidak berpotensial
  3. Terjebak dalam transaksi short selling dikarenakan ingin memperoleh gain secara cepat
  4. Tidak peduli dengan perkembangan portofolio saham yang dimiliki
  5. Tidak mau mengambil resiko Cut loss dan memilih Average Down
  6. Tidak memahami analisa teknikal saham sehingga masuk pada harga puncak (harga monas) yang beresiko harga turun dengan cepat karena harga sudah tidak sesuai fair value.
  7. Mengikuti emosi tanpa peduli atas psikologi market yang terbentuk dalam sebuah emitten saham yang dipilihnya.
  8. Lebih percaya atas informasi tidak jelas dan tanpa pertanggungjawaban yang kuat
  9. Mempercayai rekomendasi saham yang diberikan oleh suatu komunitas tanpa melakukan analisa kembali.
  10. Tidak Berani Mengambil keputusan penjualan saham saat diperlukan
  11. Tidak Obyektif dalam memilih saham
  12. Ingin Cepat Kaya
  13. Tidak Melakukan Money Management
  14. Tidak Melakukan Risk Management
  15. Penginputan saham hanya dalam 1 atau 2 keranjang saja

Demikian lah 15 Kesalahan klasik yang sering dilakukan oleh investor sehingga dapat menimbulkan kerugian yang signifikan besar. sehingga sangat disarankan agar dapat menghindarinya.Pengen tau lebih lanjut perihal Pasar Modal Syariah yuk mari ikutan di agenda besar kami Investor Gathering Cirebon pada tanggal 12 Agustus 2017 di Hotel Swiss -Belhotel Cirebon cara daftarnya gampang kok dengan melakukan pendaftaran secara Online melalui link berikut ini daftar Investor gathering cirebon

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment