Pasar Modal Syariah
312 views

Kenal Lebih Dekat dengan Sukuk Global Indonesia, Yuk!

by on 27/07/2017
 

Pemerintah Indonesia dikenal sebagai penerbit sukuk global terbesar.

Setiap tahunnya pemerintah Indonesia rutin menerbitkan sukuk global bernama Sukuk Nasional Indonesia. Sukuk ini terutama ditujukan bagi investor luar negeri yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Namun meski sebagian besar porsi penerbitan ditujukan bagi investor asing, investor domestik tetap bisa membeli sukuk global, kok.

Nah, seperti apa sih Sukuk Nasional Indonesia alias sukuk global ini? Sukuk Nasional Indonesia, yaitu sukuk yang diterbitkan pemerintah Indonesia dalam mata uang dollar AS dan dipasarkan di pasar internasional. Sukuk dengan imbal hasil tetap ini pun bersifat dapat diperdagangkan.

Lalu, apa tujuan dan manfaat yang didapat dari penerbitan sukuk global tersebut? Sukuk global dapat menciptakan benchmark di pasar keuangan internasional. Selain itu, penerbitan sukuk global juga bertujuan untuk memperluas basis investor dan sebagai natural hedging atas kewajiban valas pemerintah.

Sukuk yang mulai diterbitkan pada 2009 ini menawarkan imbal hasil tetap, yang pembayaran imbalannya dilakukan secara periodik per semester. Sukuk global Indonesia biasanya bertenor jangka menengah hingga panjang dengan jangka waktu antara 5-10 tahun.

Sementara, dari sisi metode penerbitannya menggunakan bookbuilding. Apa itu? Bookbuilding merupakan metode penerbitan dimana penawaran sukuk dilakukan via agen penjual atau joint lead manager yang telah ditunjuk oleh pemerintah melalui proses seleksi. Nantinya agen penjual yang akan menghimpun pemesanan pembelian investor dalam periode penawaran yang telah ditentukan.

Terus, apa akad yang dipakai? Pada awalnya struktur sukuk global menggunakan akad Ijarah Sale and Lease Back. Namun, mulai 2014 sukuk global Indonesia distruktur dengan menggunakan akad wakalah. Untuk underlying asset-nya adalah Barang Milik Negara dan proyek pemerintah.

Sejak diterbitkan, sukuk global Indonesia telah menarik minat investor dari berbagai belahan dunia, mulai dari Timur Tengah, Eropa, Amerika dan Asia. Pencatatan sukuk pun dilakukan di dua pasar, yaitu Singapore Stock Exchange dan NASDAQ Dubai (dual listing).

Peran pemerintah Indonesia yang begitu aktif dan secara kontinu menerbitkan sukuk global di pasar internasional juga telah membuatnya mencatatkan diri sebagai penerbit sukuk global terbesar di dunia. Tahun ini saja pemerintah Indonesia telah menerbitkan sukuk global sebesar 3 miliar dolar AS.

Pada penerbitan sukuk global di 2017, sukuk global Indonesia terdiri dari dua tranche yaitu sukuk tenor 5 tahun dan sukuk tenor 10 tahun. Sukuk Global ini diterbitkan oleh Pemerintah melalui Perusahaan Penerbit SBSN Indonesia III, yaitu sebuah badan hukum yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia khusus untuk melakukan penerbitan SBSN.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment