Pasar Modal Syariah
720 views

Kembangkan Aset, Muhammadiyah Lirik Pasar Modal Syariah

by on 22/09/2016
 

Muhammadiyah berencana membentuk Badan Usaha Milik Muhammadiyah.

Sebagai salah satu organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dikenal terus mengembangkan amal usaha yang dimilikinya. Untuk mengembangkan potensi ekonominya lebih maju lagi, Muhammadiyah pun melirik bisnis di sektor pasar modal syariah. Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Muhammad Najikh mengakui, aset-aset yang dimiliki oleh Muhammadiyah sangat besar sekali.

“Namun, Muhammadiyah belum memiliki perusahaan-perusahaan seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Untuk itu perlu dibentuk Badan Usaha Milik Muhammadiyah (BUMM), selain aset-aset yang ada selama ini seperti Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan rumah sakit,” katanya dalam siaran pers yang diterima AkuCintaKeuanganSyariah, Kamis (22/9)

Untuk mendorong Muhammadiyah memiliki multicompany, lanjut dia, perlu dibuat perusahaan-perusahaan Muhammadiyah yang bisa initial public offering (IPO), sehingga yang membeli saham-saham perusahaan Muhammadiyah adalah warga Muhammadiyah. Menurutnya, adanya holding company BUMM merupakan sebuah keniscayaan untuk membuat perusahaan sekelas Temasek di Singapura.

Najikh menambahkan, peluang Muhammadiyah untuk masuk pasar modal syariah sangat besar. Hal ini tidak terlepas dari besarnya aset ekonomi yang dimiliki oleh Muhammadiyah, ditambah lagi dengan bisnis-bisnis yang dimiliki oleh para warga Muhammadiyah dan Jaringan Saudagar Muhammadiyah.

“Jika ini mampu diintegrasikan dalam mekanisme instrumen pasar modal syariah menjadikan keuntungan yang sangat dahsyat. Sayang sekali, masih banyak dari warga Muhammadiyah belum banyak menyadari tentang bisnis pasar modal syariah sehingga belum banyak mengambil ceruk bisnisnya,” tukas Najikh.

Banyak warga Muhammadiyah belum tahu pasar modal syariah Click To Tweet

Oleh karena itu, bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan, PP Muhammadiyah menyelenggarakan knowledge sharing pasar modal syariah. “Untuk mewujudkan semua itu sharing dan pengetahuan tentang pasar modal syariah sangat penting sebagai upaya dalam integrasi aset-aset Muhammadiyah untuk berkembang lebih luas,” pungkasnya.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment