Knowledge Base
222 views 0 comments

Kelola Reksa Dana Syariah, Manajer Investasi Haruskah Juga Sesuai Syariah?

by on 21/06/2017
 

OJK telah menerbitkan Peraturan Penerapan Prinsip Syariah Pada Manajer Investasi.

Peran manajer investasi begitu penting dalam pengelolaan reksa dana syariah. Pengelolaan investasi reksa dana syariah ini pun diwajibkan untuk memenuhi rambu-rambu prinsip syariah. Namun, bagaimana dengan manajer investasinya? Haruskah manajer investasi sesuai syariah?

Menjawab pertanyaan tersebut, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK Nomor 61/POJK.04/2016 tentang Penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal Pada Manajer Investasi di akhir 2016. Dalam peraturan itu, ternyata penerapan prinsip syariah pada manajer investasi wajib dilakukan dengan cara membentuk manajer investasi atau unit pengelolaan investasi syariah pada manajer investasi.

Apa beda antara keduanya? Bisa dibilang, manajer investasi syariah adalah perusahaan manajemen aset yang menjalankan kegiatan dan usaha, cara pengelolaan dan penyediaan jasanya sesuai prinsip syariah. Jadi manajer investasi syariah hanya menjalankan kegiatan usaha sesuai prinsip syariah.

Dalam struktur organisasinya, salah satu direksi dari manajer investasi syariah pun harus memiliki pengetahuan keuangan syariah dan/atau pengalaman kerja di keuangan syariah minimal 1 tahun. Dari sisi modal, manajer investasi syariah ini juga setidaknya harus punya modal minimal Rp 10 miliar.

Di lain pihak, unit pengelolaan investasi syariah berbeda lagi. Unit ini merupakan sebuah unit khusus di dalam manajer investasi yang mengelola reksa dana syariah. Di dalam unit pengelolaan investasi syariah cukup terdiri dari satu orang yang bertindak sebagai kepala unit dan satu orang yang bertindak sebagai pelaksana. Kepala unit dan pelaksana ini pun bisa dirangkap oleh direksi atau pejabat satu tingkat di bawah direksi.

Nah, kendati ada perbedaan antara manajer investasi syariah dan unit pengelolaan investasi syariah, keduanya tetap punya persamaan, loh. Mereka tetap diwajibkan untuk punya Dewan Pengawas Syariah (DPS)  yang memiliki izin Ahli Syariah Pasar Modal. Jadi kamu nggak usah kuatir reksa dana tidak sesuai syariah karena pengelolaannya tetap diawasi oleh DPS.

Manajer investasi yang saat ini telah mengelola reksa dana syariah pun wajib membentuk manajer investasi syariah atau unit pengelolaan investasi syariah paling lambat pada 20 Desember 2017.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment