Pasar Modal Syariah
430 views

Jimly : Dana Repatriasi Diparkir di Pasar Modal Syariah Lebih Efektif

by on 06/09/2016
 

Pasar modal syariah harus bersiap menampung kemungkinan banyaknya dana repatriasi.

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan, Undang-Undang Pengampunan Pajak (tax amnesty) sudah disyahkan oleh pemerintah. Pemerintah pun menyediakan banyak instrumen investasi untuk menampung dana repatriasi, salah satunya pasar modal syariah.

“Ya kenapa tidak, dana repatriasi diparkir di pasar modal syariah akan lebih produktif daripada disimpan di bawah bantal atau disimpan di Singapura. Jadi, saya rasa pasar modal syariah harus siap-siap menampung kemungkinan banyaknya dana repatriasi,” ujar Jimly saat ditemui AkuCintaKeuanganSyariah di kantor Pusat ICMI, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, UU tax amenesty harus dilaksanakan sambil memperbaiki keluhan-keluhan yang timbul di masyarakat dari rapatriasi luar negeri ke dalam negeri. Namun demikian, Jimly menegaskan, dalam UU memang tidak dibedakan antara luar negeri dan dalam negeri, walaupun niat awalnya untuk repatriasi. Tapi disayangkan ke dalam negeri yang kena sasaran malah lebih banyak.

“Nah,  ini yang harus dievaluasi. Tapi, saya rasanya membayangkan bahwa ini tidak berhasil, jangan dulu. Ini kan sedang berjalan, mudah-mudahan akhir tahun ini ada buktinya. Tapi seandainya tidak berhasil ya apa boleh buat kan bisa dievaluasi,”  paparnya.

Menurutnya, evaluasi sangatlah penting karena UU Tax Amnesty  akan berdampak baik untuk roda perekonomian bangsa. Sosialisasi dan edukasi tentang UU ini juga tentu harus ditingkatkan, tujuannya untuk  menarik investor memarkirkan dana repatriasinya di pasar modal syariah dengan ragam pilihan instrumen.

Jimly: Dana repatriasi diparkir di #PasarModalSyariah akan lebih produktif! Click To Tweet

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) harus memperluas informasi tax amnesty ini. Seperti membuka layanan yang dibuka secara luas untuk masyarakat. “Sehingga masyarakat mengetahui sistem kebijakan tax amnesty dan penyaluran dananya ke pasar modal syariah,” pungkasnya.

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment