Pasar Modal Syariah
448 views

Jangan Lupa Review Investasi Reksa Dana Syariah Kamu, Ya!

by on 03/07/2017
 

Tinjaulah kinerja reksa dana syariah minimal setahun sekali.

Kalau sudah mencoba berinvestasi di reksa dana syariah mungkin kamu bisa langsung merasa nyaman dengan model pengelolaan investasi sang manajer investasi. Namun, tak ada salahnya untuk selalu meninjau kinerja reksa dana syariah yang kamu punya secara berkala.

Kendati kamu telah memercayai pengelolaan dana kepada manajer investasi, bukan berarti kemudian kamu harus tutup mata terhadap kinerja dari reksa dana syariah yang kamu miliki. Tinjaulah kinerja reksa dana syariah agar tetap sesuai untuk mencapai tujuan keuanganmu minimal setahun sekali.

Misalnya, saat berinvestasi di produk A ternyata imbal hasil yang diberikan dalam beberapa waktu terakhir tidak sesuai dengan ekspektasi kamu untuk mencapai tujuan keuangan kelak. Maka, kamu pun punya hak untuk memindahkan dana investasi kamu ke reksa dana syariah lainnya.

Review terhadap portofolio investasi reksa dana syariah juga dapat dilakukan seiring penambahan usia. Misalnya, ketika berusia 20-30 tahun kamu membeli reksa dana syariah saham sebagai persiapan dana pensiun. Karena masa pensiun masih lebih dari 10 tahun, makanya produk reksa dana syariah saham cocok buat mencapai tujuan keuangan kamu.

Tapi, ketika kamu sudah semakin mendekati masa pensiun, maka saatnya untuk kembali mereview investasi reksa dana syariah kamu. Jika jangka waktu masa pensiun tinggal 5 tahun lagi, maka pindahkan investasi kamu ke reksa dana syariah campuran. Sementara, jika masa pensiun 1-3 tahun lagi, maka reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap bisa menjadi pilihan.

Jangan lupa untuk memerhatikan tujuan keuangan kamu, ya #ACKS#PasarModalSyariah Click To Tweet

Dalam melakukan review terhadap investasi reksa dana syariah ini tetap jangan lupa untuk memerhatikan tujuan keuangan kamu, ya. Kalau kinerja reksa dana syariah yang kamu miliki sudah sesuai dengan ekspektasi dan dinilai akan mampu mencapai tujuan keuangan di masa mendatang, maka tetaplah pegang erat unit penyertaan reksa dana syariah yang kamu miliki.

Sesekali melakukan review reksa dana syariah memang boleh, tapi jangan sampai terlalu panik berlebihan ketika kinerja reksa dana syariah kamu tidak sesuai ekspektasi. Harap diingat pula bahwa setiap jenis reksa dana syariah punya karakteristik berbeda.

Misalnya, kinerja dari reksa dana syariah saham tentu akan sangat berbeda dengan reksa dana syariah pasar uang jika dilihat dalam jangka pendek. Ini karena reksa dana syariah saham, yang sebagian besar investasinya ditempatkan di saham, akan cenderung fluktuatif dalam jangka pendek, namun ia berpotensi memberikan imbal hasil besar dalam jangka panjang.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment