Pasar Modal Syariah
564 views

Irwan : Benarkah Investasi Syariah, Sudah Syariah?

by on 07/09/2016
 

Diharapkan investasi syariah bukan sekedar komodifikasi tapi benar-benar sesuai ajaran agama.

Seniman Irwan Ahmet menyebutkan, masih banyak orang yang menganggap skeptis investasi pasar modal syariah itu, utamanya saham yang dianggap sebagai investasi yang mengarah ke perjudian. Sehingga menurutnya, sosialisasi dan edukasi tentang pasar modal syariah harus terus ditingkatkan dengan tujuan agar masyarakat paham tidak salah kaprah.

Irwan menegaskan, masih  banyak orang yang khawatir sebetulnya komodifikasi agamanya. Seperti orang yang mau naik haji, misalnya pada akhirnya yang lebih besar adalah urusan duniawinya. Yang diambil pariwisata atau tour dan belanjanya, esensinya hilang. “Itu juga yang saya khawatirkan tentang pasar modal syariah. Karena masih banyak orang yang ragu benarkan investasi pasar modal syariah, sudah syariah? Termasuk saya juga masih ragu ya,” kata Irwan saat ditemui AkuCintaKeuanganSyariah di Jakarta, pekan lalu.

Sehingga tegas dia lagi, sosialisasi dan edukasi menjadi hal penting untuk terus ditingkatkan dengan menyasar semua kalangan. ”Ya tujuannya agar masyarakat lebih paham tidak terjebak oleh gharar yang mengarah perjudian dalam berinvestasi syariah. Karena kalau niat investasinya baik, tentu harus lebih dulu dipahami,” ujarnya.

Menurutnya, sebelum mendapat informasi jelas tentang instrumen pasar modal syariah dengan segudang manfaatnya. Kita, para investor yang akan berinvestasi saham misalnya, harus berhati-hati jangan sampai hanya karena keinginan untuk meraih keuntungan besar. Lalu  kemudian terjebak dalam kegiatan gharar dan perjudian.

“Investasi pasar modal syariah, ya kita harus mengutamakan prinsip-prinsip agama. Diharapkan investasi syariah bukan sekadar komodifikasi tapi benar-benar sesuai ajaran agama. Karena syariah itu sejatinya bisa membuat hidup kita berkah,” tegasnya.

Investasi syariah bukan sekadar komodifikasi! Click To Tweet

Details
 
Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment