Pasar Modal Syariah
8234 views

Investor Pemula, Ini Reksa Dana Syariah yang Cocok Buat Kamu

by on 14/06/2017
 

Reksa dana syariah pasar uang dan reksa dana syariah pendapatan tetap cenderung memiliki imbal hasil lebih stabil.

Udah ngiler pengen ikutan investasi di reksa dana syariah, tapi masih bingung reksa dana syariah mana yang cocok buat kamu yang masih newbie? Kalau langsung milih reksa dana syariah saham kuatir nggak kuat mental ngeliat kinerjanya yang fluktuatif, meski dalam jangka panjang memberikan imbal hasil yang besar. Jadi milih yang mana dong?

Bagi investor pemula disarankan untuk memilih reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap. Reksa dana syariah pasar uang pada intinya merupakan produk reksa dana yang kebijakan investasinya ditempatkan pada instrumen pasar uang syariah atau efek syariah berpendapatan tetap yang jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun.

Investasi reksa dana syariah pasar uang ini biasanya sebagian besar ditempatkan di produk perbankan seperti deposito syariah atau sertifikat BI. Sedangkan, sisanya ditempatkan pada sukuk di bawah satu tahun. Jadi returnnya akan lebih tinggi dari tabungan bank.

Sementara, untuk reksa dana syariah pendapatan tetap sebagian besar investasi (minimal 80 persen) ditempatkan pada efek syariah berpendapatan tetap, terutama sukuk. Sedangkan sisanya diinvestasikan di instrumen pasar uang syariah seperti deposito.

Dengan kebijakan investasi reksa dana syariah pasar uang dan reksa dana syariah pendapatan tetap ditempatkan di efek syariah berpendapatan tetap yang jangka waktunya tidak sampai satu tahun membuat jenis reksa dana syariah ini sesuai bagi investor pemula reksa dana syariah karena cenderung memberikan imbal hasil yang stabil. Jadi kamu nggak kaget dengan nilai investasi yang bisa tiba-tiba turun dalam jangka pendek seperti ketika kamu berinvestasi di reksa dana syariah saham.

Berinvestasi di reksa dana syariah pendapatan tetap dan reksa dana syariah pasar uang juga menjadi langkah awal bagi investor pemula untuk masuk ke dunia pasar modal. Setelahnya, jika sudah merasa nyaman dengan reksa dana syariah pasar uang atau reksa dana syariah pendapatan tetap dan ingin imbal hasil lebih besar, baru kamu bisa memilih jenis reksa dana syariah lainnya.

Meski return yang diberikan tidak terlalu nendang dibanding reksa dana saham, tapi dua jenis reksa dana syariah tersebut cukup aman dan dan returnnya lebih tinggi dibanding deposito atau setara deposito. Sebelumnya, Head of Operation and Business Development Panin Asset Management Rudiyanto pernah mengungkapkan, bahwa dalam jangka panjang rata-rata return reksa dana pasar uang memiliki return antara 5-6 persen dan reksa dana pendapatan tetap 7-10 persen.

Be the first to comment!
 
Leave a reply »

 

You must log in to post a comment